Di artikel ini saya bakal mengajak kamu untuk mencoba salah satu produk dari teknologi yang cukup nge-trend saat ini, yaitu smart home. Tapi yang kita coba adalah produk smart home yang cukup simple, yaitu Koogeek Smart Light Strip — deretan lampu LED pintar yang bisa diatur dan dikendalikan langsung lewat aplikasi smartphone — bahkan bisa kamu perintah langsung lewat smart assistant seperti SIRI, Google Assistant, dan juga Alexa.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info menarik teknologi setiap hari.

Satu catatan penting, Light Strip ini paling optimal jika dikendalikan di iPhone — karena sudah sepenuhnya support Apple HomeKit. Saat diperintah lewat Siri responnya juga lebih cepat daripada saat diperintah melalui Google Assistant.

Light Strip ini panjangnya 2 meter, dan kalo kamu perhatikan, di deretan light strip ada tanda gunting — artinya kamu bisa potong sesuai keperluan. Light strip ini bisa kamu tempel di rak buku, meja, atau tempat lain yang kamu inginkan dengan cara lepas perekat di belakang light strip ini. Jadi bagian belakang Light Strip ini seperti double tape yang bisa kamu lepas dan tempel.

Cara menghubungkannya ke iPhone juga gampang banget, kamu tinggal beri aja daya via USB — bisa pake charger smartphone, atau powerbank, atau power outlet USB lainnya.

Setelah itu tinggal download aja aplikasi Koogeek di App store, pastikan iPhone terhubung ke WiFi 2.4 GHz — karena light strip ini tidak support WiFi 5 GHz. Arahkan kode di belakang kotak ke kamera smartphone. Aplikasi bakal langsung mendeteksi light strip ini — dan begitu terhubung bisa langsung kamu kontrol.

Kamu bisa atur tingkat kecerahannya, bisa juga ubah warnanya sesuka hati. Jumlah warna yang bisa ditampilkan ini banyak banget, kamu bisa pilih sendiri dari color wheel — dan dari specs nya, ada 16 juta warna yang disupport oleh light strip ini. Kamu bahkan juga bisa pilih warna dari aksen warna foto dan tap dimanapun yang kamu inginkan.

Review Koogeek SMART Light Strip — Bisa Diperintah Lewat SIRI!

Melalui Siri kamu bisa mengatur light strip ini, mulai dari menyalakan, mematikan, mengubah warna, serta mengubah tingkat kecerahannya.

Sebenarnya masih ada banyak banget fitur Koogeek Smart Light Strip ini — misalnya aja kalo kamu punya banyak produk smart home Koogeek lainnya, kamu bisa atur otomatis melalui beberapa scene. Jadi begitu pulang kerja misalnya, lampu kamar otomatis menyala, light strip jadi warna biru, musik menyala, dan seterusnya. Kamu juga bisa atur timer mau menyala dan mati otomatis jam berapapun yang kamu inginkan.

Pengaturan ini tidak harus dilakukan dekat light strip nya, asal terhubung dengan internet, kamu bisa mengendalikannya dari jarak jauh.

Seperti itulah contoh salah satu penggunaan product smart home, dan konsep ini sama aja untuk produk smart home lain seperti lampu, saklar, colokan listrik, dan sebagainya. Pada intinya semua yang ada di rumah bisa kamu bisa kendalikan lewat smartphone atau smart assistant dari jarak jauh — dan bisa aktif atau non aktif secara otomatis sesuai kondisi yang kamu inginkan.

Buat kamu yang tertarik, kamu bisa beli Koogeek Smart Light Strip disini — atau kunjungi halaman official Koogeek untuk info lebih lengkapnya.

Sampai disini dulu review kali ini, nantikan review MacPoin lainnya esok hari.