Kini Dr. Unarchiver Terbukti Curi Data Pengguna Mac

Setelah sebelumnya para pengguna Mac dan MacBook dihebohkan dengan kabar pencurian data pengguna oleh aplikasi yang bernama Adware Doctor di Mac App Store, kini muncul lagi aplikasi serupa yang mencuri data pengguna Mac.

Aplikasi yang ketahuan mencuri data pengguna kali ini adalah Dr. Unarchiver : RAR & Zip Tool. Sama seperti Adware Doctor, aplikasi ini juga bisa kamu download dengan sangat mudah melalui Mac App Store.

Ketika pengguna Mac memberikan akses direktory Home pada macOS ketika pertama kali membuka aplikasi, maka pengguna akan langsung dimata-matai oleh aplikasi tersebut, meskipun aplikasi ini datang dari Mac App Store.

Dr. Unarchiver juga terbukti memata-matai history browser milik pengguna Mac lalu mengambil informasi tersebut dan mengirimkannya ke luar. Tingkah laku ini pertama kali ditemukan di dalam forum Malwarebytes.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata software Dr. Unarchiver keluaran Trend Micro ini mencuri data pengguna dari web browser Mac lalu mengirimkan data hasil curiannya tersebut ke server milik mereka.

Ketika pengguna mengekstrak file .zip atau .rar, maka pengguna akan ditawari untuk membersihkan junk file. Ketika pengguna memilih untuk memindai, pengguna harus mengizinkan akses ke Home Directory.

Ketika izin tersebut sudah diberikan, barulah aplikasi akan langsung memata-matai pengguna, mencuri informasi dari web browser, lalu mengirimkan data dan informasi tersebut ke server milik mereka.

Bagaimana? Kamu pernah pakai software ini juga?

via 9to5Mac

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.