Efek Perang Dagang, Harga Produk Apple Semakin Mahal

Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump sudah resmi menabuh genderang perang ke sejumlah negara di dunia. Bukan perang dunia, melainkan perang dagang yang kini sudah bisa dirasakan dampaknya.

Salah satu korbannya adalah berbagai perusahaan teknologi besar dunia. Ya, berbagai produk keluaran perusahaan teknologi kini sudah tercium adanya rencana kenaikan harga. Tak terkecuali produk Apple. Rencana kenaikan harga juga akan segera terwujud dengan penerapan tarif baru yang dikenakan terhadap impor barang dari Tiongkok atau China ke Amerika Serikat.

Apple menjelaskan dalam suratnya bahwa tarif baru terhadap barang impor dari Tiongkok akan memiliki dampak terhadap berbagai jenis produk dan material yang Apple gunakan dalam setiap produksi. Apple memang mengandalkan material dari Tiongkok untuk proses produksi berbagai macam produk buatannya.

Trump juga menganjurkan Apple agar memproduksi seluruh produknya ke Amerika Serikat saja untuk menghindari tarif tambahan yang dikenakannya karena memproduksi produk di China.

Berbagai macam produk Apple yang harganya bisa naik antara lain Apple Watch, Mac Mini, dan juga MacBook. Berbagai macam aksesori seperti Airpods dan stylus Apple Pencil pun bisa menjadi makin mahal dari sebelumnya.

Rencana kenaikan harga ini juga beriringan dengan event 12 September 2018 di mana Apple diprediksi akan segera merilis berbagai macam produknya, seperti iPhone 9 atau iPhone XC yang diklaim sebagai iPhone murah tahun ini.

Belum lagi rencana Apple yang akan merilis MacBook murah dan juga Mac Mini baru yang dibanderol dengan harga murah. Sepertinya ketersediaan berbagai macam produk Apple murah juga akan semakin sulit diwujudkan.

via Reuters

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.