Inilah Moza Mini Mi, gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile 2 tapi dengan harga yang bahkan lebih hemat dari versi lama DJI Osmo Mobile. Di video ini MacPoin bakal bagikan pengalaman sekaligus review jujur atas gimbal smartphone Moza Mini Mi, yang harganya saat ini sekitar 1,5 jutaan rupiah.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info menarik seputar teknologi setiap hari.

Beli Moza Mini Mi:


Bagi kamu yang lebih suka membaca daripada menonton videonya, berikut MacPoin sertakan review

Unboxing Moza Mini Mi Indonesia

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Sebelumnya saya mau tunjukin dulu isi box dari Moza Mini Mi, biar kamu tahu apa aja yang kamu dapetin saat beli gimbal smartphone ini.

Di box nya jelas tertulis fitur unggulan Moza Mini Mi, yaitu Wireless Phone Charging Gimbal — dengan fitur utama wireless charging, intelligent control, inception mode, built-in camera app, track shooting, dan terakhir ada live streaming mode.

Didalam box ada user manual, berisi panduan-panduan penggunaan gimbal, QR Code WeChat dan Facebook Moza, sticker Moza, serta kartu garansi, tapi garansi Tiongkok.

Dan sekarang kita fokus ke portabel bag moza nya. Bahannya kuat dan fleksibel, jadi kamu bisa bawa gimbal ini kemana-mana dengan aman. Bag ini dilapisi busa yang empuk, isinya ada stand Gimbal, kabel charger micro USB (tanpa kepala charger), serta gimbal Moza Mini Mi.

Fitur Moza Mini Mi

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Moza Mini Mi punya fitur utama yang bahkan tidak dimiliki oleh DJI Osmo Mobile 2, yaitu wireless charging. Jadi kalo hape kamu support wireless charging, maka sambil merekam kamu bisa sambil charge wireless, tapi kalo tidak support wireless charging, kamu bisa charge melalui port USB di Moza Mini Mi.

Ada empat lubang skrup, yang bisa kamu manfaatkan buat meletakkan aksesoris — misalnya saja pasang microphone, atau meletakkannya di tripod, dan stand nya bisa kamu pasang di bawah agar bisa diletakkan di meja, kalo kamu pengen rekam sambil duduk misalnya.

Dan di belakang ada port charging micro USB, yang bisa kamu charge pake charger smartphone.

Cara Pasang Smartphone di Gimbal

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Caranya gampang banget, kamu tinggal tarik aja holdernya, lalu letakkan smartphone. Dan di belakang kamu bisa putar kenop nya, untuk atur posisi smartphone mau vertikal apa horisontal. Barangkali mau rekam buat IGTV bisa kamu atur vertikal, atau kalo mau rekam untuk youtube atur aja ke horisontal.

Terakhir putar kenop dan geser arm nya sampai di posisi yang sekiranya seimbang. Semakin seimbang kamu mengaturnya, maka bakal semakin hemat baterai, jadi usahakan bisa se-balance mungkin. Jika sudah kencangkan semua, tekan tahan tombol power, dan gimbal siap digunakan.

Kelebihan Moza Mini Mi

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Moza Mini Mi punya controller lengkap, ada joy stick yang bisa kamu pake buat menggerakkan smartphone, lalu ada juga dial wheel, bisa kamu pake buat zoom-in zoom-out — yang sekaligus menjadi kombinasi tombol multifungsi.

Ada pula fitur Wireless Charging dan USB Charger, yang bisa dipakai untuk rekam sambil charging smartphone.

Hal menarik lainnya adalah dengan harga yang jauh lebih murah daripada DJI Osmo Mobile 2 dan Zhiyun Smooth Q, kualitas gimbal Moza Mini Mi ini lebih kurang sama, baik dari kekuatan maupun desainnya. Malah Moza Mini Mi punya beberapa fitur ekstra yang tidak ada di gimbal kompetitornya yang lebih mahal.

Ada banyak banget mode di Moza Mini Mi ini, saya bakal jelaskan semuanya di video selanjutnya yang khusus untuk tips. Karena disini kita akan fokus pada review, jadi langsung aja kita cek seperti apa hasil rekaman pake gimbal smartphone ini.

Hasil Rekaman Moza Mini Mi: Pake Gimbal vs Tanpa Gimbal

Saat dibandingkan hasil rekaman kamera belakang pake gimbal Moza Mini Mi vs tanpa gimbal di smartphone yang tidak memiliki OIS ataupun EIS, bedanya jauh banget. Dengan gimbal sangat mulus dan stabil, bahkan juga saat lari — sedangkan tanpa gimbal getarannnya terlihat parah baik saat jalan terlebih lari.

Saat dibandingkan dengan rekaman kamera belakang smartphone yang memiliki EIS, EIS ini cukup mempermulus goncangan saat jalan, tetapi saat lari masih cukup kacau, sehingga hasil rekaman menggunakan Gimbal tetap lebih mulus.

Selanjutnya saat dibandingkan dengan kamera belakang smartphone yang memiliki OIS, hasil rekaman memang sudah lebih stabil daripada EIS, tapi tetap belum bisa mengalahkan mulusnya hasil rekam pake gimbal Moza Mini Mi.

Dari hasil uji rekam, bisa disimpulkan bahwa baik EIS ataupun OIS saja tidak bisa mengalahkan mulusnya rekam pake gimbal. Jadi kalo kamu suka nge-vlog atau rekam saat travelling, punya gimbal smartphone seperti ini recommended banget.

Kekurangan Moza Mini Mi

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Semua footage tersebut gaes saya rekam pake aplikasi kamera bawaan smartphone, karena meskipun ada aplikasi official Moza untuk Android dan iOS— tetapi saya kurang puas dengan hasilnya.

Di iPhone aplikasi Moza bisa berjalan sangat lancar — sebuah kabar gembira bagi pengguna iPhone. Tetapi di Android, waktu dipakai di OnePlus, aplikasi Moza memberikan hasil rekam yang tidak bisa dipakai — karena hasil rekamannya terlihat lebih cepat dari yang seharusnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, berdasarkan pengalaman saya pake Moza Mini Mi ini — saya simpulkan bahwa Moza Mini Mi adalah gimbal smartphone yang bagus banget dan berkualitas secara hardware, tetapi dengan aplikasi yang masih belum optimal.

Gimbalnya kokoh, build quality oke banget, mode dan controller lengkap, bahkan punya fitur wireless charging yang tidak ada di DJI Osmo Mobile 2.

Tapi untuk jadi paket komplit, masih perlu ada update dan optimasi lagi di bagian aplikasi, khususnya aplikasi Moza untuk Android.

Buat saya pribadi nggak ada masalah — karena memang saya lebih suka rekam pake aplikasi kamera bawaan. Tetapi dengan tidak memakai aplikasi Moza, kamu bakal melewatkan fitur seperti track shooting yang bisa mengikuti obyek kemanapun kamu gerakkan.

Selain itu masalah kurang optimalnya aplikasi sebenarnya juga dialami oleh gimbal lain seperti Zhiyun bahkan DJI Osmo Mobile. Bedanya untuk Osmo Mobile ada dukungan dari beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Filmic Pro, yang ngebantu banget dan bisa diandalkan sebagai aplikasi rekam alternatif.

Itulah dia review Moza Mini Mi serta ulasan kelebihan dan kekurangan Moza Mini Mi, semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mencari gimbal murah berkualitas. Moza Mini Mi ini harganya masih lebih murah dari DJI Osmo Mobile 2, juga lebih murah dari Zhiyun Smooth Q, dengan kualitas gimbal yang kurang lebih sama, bahkan punya tambahan fitur ekstra — jadi masih worth it banget utk dibeli. Kalo kamu tertarik, kamu bisa membelinya disini:

Beli Moza Mini Mi:

Kedepannya saya bakal bikin tips untuk hasil rekam terbaik menggunakan Moza Mini Mi, jadi pastikan subscribe channel Kepoin Tekno — atau kunjungi terus MacPoin.com biar nggak ketinggalan.