Kemarin Macpoin baru saja mengungkap berita tentang iPhone yang jatuh dari ketinggian ratusan meter dan ternyata masih berfungsi dengan baik (terungkap bahwa itu adalah iPhone 7 Plus), jika berita tersebut menjadikan kamu kagum terhadap ketahanan iPhone, maka kamu perlu menahan napas karena pada tahun 2018 ini, Apple sepertinya akan meluncurkan iPhone dengan tingkat ketahanan yang jauh lebih baik!

Sejak iPhone original yang pertama kali diluncurkan, Apple telah menggunakan Gorilla Glass yang diolah khusus dari Corning, yang mana menjadikan manufaktur penghasil kaca tersebut menjadi ternama dan akhirnya memenangkan kontrak dari banyak produsen smartphone lain. Corning mengkhususkan diri dalam berbagai olahan dan trik kimia yang kemudian dapat menghasilkan kaca paling kuat yang dapat menanggung tekanan dan benturan. Corning dengan bangga mengumumkan versi lapisan kaca ini dalam sebuah rilisan pers beberapa hari yang lalu.

Gorilla Glass 6 adalah hasil olahan baru pertama dari Corning dalam dua tahun belakangan ini, juga merupakan langkah yang sedikit baru dari perusahaan. Sebelumnya, penekanan terhadap layar smartphone adalah pada ketahanan gores – penting bagi layar smartphone untuk tahan dari goresan kunci dan ‘sampah’ lain-lain yang kamu masukkan ke dalam saku. Akan tetapi seiring dengan semakin besarnya ponsel dan sulitnya perangkat untuk digenggam, maka ketahanan jatuh adalah prioritas baru. Untuk inilah Gorilla Glass 6 diciptakan!

“Gorilla Glass 6 adalah komposisi kaca yang benar-benar baru, secara kimia dikuatkan untuk memberikannya tingkat kompresi yang lebih tinggi dibandingkan Gorilla Glass 5. Ini menjadikan Gorilla Glass 6 lebih tahan terhadap kerusakan,” ungkap Dr. Jaymin Amin, wakil presiden divisi pengembangan teknologi dan produk dalam rilis persnya. “Lebih lanjut, kerusakan akibat jatuh sangat besar kemungkinan terjadi dalam smartphone saat ini. Maka kompresi tambahan tersebut membantu meningkatkan ketahanan rata-rata saat smartphone jatuh.”

Dalam pengumumannya tersebut, Corning juga mengungkap bawa Gorilla Glass 6  “saat ini sedang dievaluasi” oleh beberapa pelanggan, dan diharapkan “dapat hadir di pasar dalam beberapa bulan ke depan.” Waktu yang sangat pas dengan peluncuran iPhone baru dan Galaxy Note 9 bukan – Jika kamu paham maksud saya.

 

Sumber: BGR

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.