Hari ini akhirnya iOS 11.4 sudah resmi dirilis ke publik — dan bagi kamu pengguna iPhone dan iPad, kamu sudah bisa update ke iOS 11.4 terbaru ini. Lalu apa yang baru di iOS 11.4?

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk info terbaru seputar teknologi setiap hari, termasuk berbagai video dari MacPoin

 

Fitur Baru iOS 11.4: AirPlay 2

Resmi Dirilis: Inilah Fitur Baru iOS 11.4

Update iOS 11.4 membawa banyak peningkatan, khususnya di ranah audio. Peningkatan terbesar terlihat dengan disertakannya AirPlay 2 yang mendukung multi-room audio. Ini artinya jika kamu punya perangkat yang support AirPlay 2 seperti Apple TV dan HomePod, kamu bisa memainkan musik yang sama di beberapa speaker sekaligus yang ada di rumah.

Kamu juga bisa memindahkan musik dari satu ruangan ke ruangan lain, serta memainkan musik di ruangan manapun (atau di banyak ruangan sekaligus) melalui iPhone, iPad, HomePod, Apple TV, atau Siri. Bahkan jika kamu pelanggan Apple Music, kamu bisa meminta Siri untuk memainkan lagu yang sama, ataupun lagu yang berbeda di masing-masing ruangan. Semua pengaturan multi-room audio ini bisa kamu dapati di AirPlay 2 Control.

Musik yang kamu mainkan juga tidak akan terganggu dengan game yang kamu mainkan ataupun jika ada telepon yang masuk.

Fitur Baru iOS 11.4: HomePod Stereo Pair

Resmi Dirilis: Inilah Fitur Baru iOS 11.4

Melalui update iOS 11.4 ini Apple juga menambahkan fitur stereo pairing ke HomePod, artinya dengan menggunakan iPhone ataupun iPad, kamu bisa menjadikan dua HomePod sebagai satu paduan speaker stereo.

Fitur Baru iOS 11.4: Messages di iCloud

Resmi Dirilis: Inilah Fitur Baru iOS 11.4

Setelah sekian lama mengerjakan fitur ini, Apple akhirnya merilis Messages di iCloud melalui iOS 11.4. Jadi sekarang Messages beserta isi didalamnya — termasuk foto dan attachment, bisa disimpan di iCloud.

Hasilnya ruang kosong di iPhone kamu bakal bertambah, serta sinkronisasi messages antar perangkat Apple bakal semakin nyata. Messages akan langsung tersinkronisasi jika kamu login ke Apple Device dengan akun iCloud yang sama, dan jika kamu hapus pesan di satu device, maka pesan juga akan terhapus di perangkat lainnya.

Fitur ini tidak aktif secara otomatis, jadi kamu perlu mengaktifkannya secara manual melalui Settings > > Apple ID > iCloud > dan pada opsi Messages, arahkan toogle ke On.

Perbaikan Lain

Resmi Dirilis: Inilah Fitur Baru iOS 11.4

Selain membawa beberapa fitur baru diatas, Apple juga memperbaiki beberapa permasalahan di iOS seperti masalah sinkronsisasi data di Health, gagalnya memilih musik saat terhubung ke bluetooth, dan berbagai masalah lainnya.

Cara Update iOS ke iOS 11.4 Terbaru

Resmi Dirilis: Inilah Fitur Baru iOS 11.4

Bagi kamu pengguna iPhone dan iPad, kamu bisa update iOS ke iOS 11.4 terbaru langsung melalui Settings > General > Software Update > Download & install

Atau kamu juga bisa update melalui iTunes dengan menghubungkan iPhone / iPad ke Mac ataupun PC.

Nah itulah dia gaes ulasan MacPoin tentang fitur baru iOS 11.4 di iPhone, sekaligus review iOS 11.4 Indonesia secara singkat.

Sudah update ke iOS 11.4? Bagikan pengalaman kamu disini.