Cara Membuat Password Aman, Unik dan Sulit Ditebak via 1Password

Membuat password yang unik dan password yang sulit ditebak tentu menjadi salah satu kebutuhan kita akan keamanan. Ya, dengan menggunakan password yang aman, maka peretas alias hacker akan semakin sulit untuk meretas akun kita dengan teknik tertentu seperti social engineering atau brute force.

Membuat password yang unik bisa kamu lakukan dengan sangat mudah dengan menggunakan 1Password. Software untuk Mac, iOS, dan Windows ini memang diklaim sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk password.

Selain bisa digunakan untuk membuat password yang unik dan sulit ditebak, 1Password juga bisa sekalian menyimpan password tersebut dan memasukkannya ke dalam brankas atau Vault. Dengan demikian, kita tidak perlu repot-repot mengingat password tersebut, cukup buka 1Password dan gunakan passwordnya.

Untuk membuat password yang unik dan sulit ditebak, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:

  1. Buka 1Password dari Menu Bar macOS atau dari aplikasi pada Launchpad.
  2. Di bagian Password Generator, klik saja dan kamu akan disuguhkan password yang unik dan susah ditebak.
    Cara Membuat Password Aman, Unik dan Sulit Ditebak via 1Password
  3. Kamu bisa memilih antara karakter acak atau kata-kata yang disusun secara acak.
    Cara Membuat Password Aman, Unik dan Sulit Ditebak via 1Password
  4. Kamu juga bisa memilih separator unik seperti spasi, titik, koma, dan lain sebagainya.
    Cara Membuat Password Aman, Unik dan Sulit Ditebak via 1Password
  5. Selain itu, kamu juga bisa memilih berapa panjang karakter tersebut, berapa digit angka yang dimasukkan, simbol, dan lain sebagainya.
  6. Jika dirasa sudah aman, kamu bisa langsung menggunakannya.
    Cara Membuat Password Aman, Unik dan Sulit Ditebak via 1Password
  7. Ketika kamu gunakan di bagian form pendaftaran akun baru di suatu situs, maka 1Password juga akan menyimpan informasi login tersebut secara otomatis.

Mungkin kamu merasa bahwa Password yang diberikan sangat sulit untuk diingat. Memang, kamu memang tidak harus mengingatnya, karena dengan 1Password seluruh password akan disimpan dengan aman, dan kamu tinggal menggunakannya saja.

Dengan menggunakan password yang sangat acak tersebut membuat password menjadi unik dan susah ditebak. Otomatis password menjadi lebih aman dari pembobolan dengan cara brute force, social engineering, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Sudah coba 1Password untuk membuat password yang aman, unik serta sulit ditebak ini?

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.