via 9to5mac

Sebuah laporan yang baru saja keluar dari konsultan Brandz, menempatkan Apple sebagai peringkat kedua merek paling berharga di dunia, dengan Google yang memegang peringkat pertamanya. Peringkat ini didasarkan pada sentimen konsumen dan kinerja keuangan.

BrandZ menggunakan kombinasi data dari Kantar Millward Brown dan Bloomberg untuk menetapkan “ekuitas merek” terhadap setiap perusahaan. Di posisi paling atas, terdapat Google dengan nilai merek USD 302,06 miliar, naik 23 persen dibandingkan peringkat tahun lalu. Apple terkunci di peringkat kedua dengan nilai merek USD 300,59 miliar, naik 28 persen rata-rata setiap tahunnya.

Apple dan Google berada di tempat yang sama seperti tahun lalu meskipun Apple memiliki profit yang sedikit lebih besar dalam nilai merek total.

Sementara itu, Amazon hadir di peringkat ketiga dengan nilai USD 208 miliar, diikuti oleh Microsoft dengan nilai merek USD 201 miliar, dan Tencent di peringkat kelima dengan USD 179 miliar.

  1. Google – $302,06 miliar
  2. Apple – $301 miliar
  3. Amazon – $208 miliar
  4. Microsoft – $201 miliar
  5. Tencent – $179 miliar
  6. Facebook – $162 miliar
  7. Visa – $146 miliar
  8. McDonald’s – $126 miliar
  9. Alibaba Group – $113 miliar
  10. AT&T – $107 miliar

Menariknya, BrandZ juga meletakkan Apple sebagai peringkat pertama dalam aset merek dengan skor 164. Perusahaan tersebut menjelaskan bahwa ini merupakan cerminan logo perusahaan dan betapa terkenalnya logo tersebut.

Merek yang ada di BrandZ Global Top 50 memiliki skor tertinggi dalam aset inividu. Aset tersebut mencerminkan pola, logo, dan bentuk, dikombinasikan dengan warna yang berbeda dengan mudah tertaut dengan merek tersebut. Logo Apple terkenal unik dan memiliki gaya khas yang terhubung langsung dengan nama mereknya. Ini merupakan aset kuat yang memiliki skor 100

Menarik juga dilihat bahwa aset yang dimiliki oleh peringkat pertama dan kedua, Apple dan Google, unggul hampir USD 100 miliar dibandingkan Amazon di peringkat ketiga. Penasaran dengan laporan asli dari BrandZ? Kamu bisa membaca selengkapnya di sini.

 

 

Sumber: 9to5Mac

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.