Cara Edit File Hosts di Mac — dan Apa ManfaatnyaSebagian besar dari kamu mungkin tidak membutuhkan ini, tetapi jika kamu adalah webmaster ataupun developer yang akan melakukan migrasi server, maka edit file hosts Mac bakal menjadi hal yang sangat berguna.

Apa Manfaat Edit File Hosts di Mac

Secara sederhana, mengedit file Hosts Mac bakal membuat kamu bisa mengarahkan domain ke IP yang kamu tentukan sendiri.

Misalnya saja baru-baru ini saya melakukan migrasi server sekaligus sedikit redesign tampilan MacPoin, dari server US ke server SG. Agar proses migrasi dan redesign berjalan mulus tanpa mengalami downtime dan mengganggu pengunjung, maka domain MacPoin tetap diarahkan ke IP server lama — sedangkan saya mengubah file hosts Mac agar saat membuka domain MacPoin, terarah ke server baru.

Jadi publik / netizen yang membuka MacPoin tetap terarah ke server lama, sedangkan saya yang melakukan migrasi dan redesign terarah ke server baru untuk melakukan persiapan. Nah, inilah manfaat dari edit file hosts di Mac.

Manfaat lainnya, kamu bisa block spyware atau iklan dengan mengarahkan IP domainnya ke 0.0.0.0, sehingga Spyware dan iklan yang mengganggu tersebut tidak berkutik lagi karena tidak bisa terhubung ke internet.

Cara Edit File Hosts Mac

Edit file hosts macOS sangatlah mudah. Kamu tinggal buka saja Terminal, dengan ketikkan Command + Spasi untuk membuka Spotlight. Lalu ketikkan Terminal.

Setelah terminal terbuka, jalankan saja command:

sudo nano /etc/hosts

Dan tekan Return (Enter). Kamu akan diminta memasukkan password administrator, masukkan saja.

Nah kini kamu tinggal memasukkan saja IP yang ingin kamu tuju, diikuti dengan menekan tab dan tuliskan domain yang ingin kamu arahkan kesana.

Cara Edit File Hosts di Mac — dan Apa Manfaatnya

Jika sudah, simpan perubahan dengan menekan tombol Control + O, lalu keluar dengan Control + X

Kini tinggal selangkah lagi, yaitu melakukan flush DNS agar efek perubahan tersebut langsung terasa. Tetap di Terminal, flush DNS Mac dengan menjalankan command berikut ini:

sudo killall -HUP mDNSResponder

Lalu tekan Return (enter).

Cek IP

Kini kamu tinggal cek saja apakah IP domain tersebut sudah mengarah ke IP yang kamu arahkan, dengan cara ketik di Terminal:

ping domain.com

Jika memang sudah terarah ke IP yang kamu atur di file Hosts, maka kamu sudah berhasil edit file hosts macOS dan sukses mengarahkan domain ke IP yang kamu inginkan.

Jika suatu saat kamu perlu mengembalikannya lagi seperti semula, cukup lakukan hal yang sama dan hapus perubahan yang tadi kamu isikan di file hosts Mac. Jangan lupa, flush DNS Mac setiap kali selesai melakukannya.

Punya pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar.

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.