Beberapa hari lalu saya menuliskan laporan CIRP tentang penjualan unggulnya Samsung dalam hal smartphone yang paling banyak diaktifkan selama kuartal pertama 2018 di AS. Sumber serupa kali ini kembali menurunkan laporan bahwa pertumbuhan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menguat selama kuartal pertama 2018, utamanya bulan Maret, sementara iPhone X terus menunjukkan penurunan!

CIRP melaporkan bahwa penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus selama 2018 mengalami peningkatan sebesar 23% dengan iPhone 8 Plus memimpin dengan 21%. Sementara itu iPhone termahal yang pernah dirilis Apple, iPhone X, hanya memiliki 16% dari keseluruhan penjualan iPhone. Jika digabungkan, tingkat penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah 44%, hampir tiga kali lipat penjualan iPhone X.

Mitra Pendiri CIRP, Josh Lowitz, mengomentari peningkatan penjualan iPhone tersebut sebagai berikut:

iPhone X menunjukkan penurunan ke angka 16%, turun dari Desember lalu yang mencapai 20%. Sementara itu iPhone 8 dan 8 Plus menunjukkan peningkatan relatif sejak Desember 2017, yang mana gabungan penjualan keduanya mencapai 44% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang hanya 41%

Karena berkurangnya penjualan iPhone X, CIRP memperkirakan penurunan QoQ pada ASP iPhone, namun tetap akan ada peningkatan jika diukur tahunan.

Sementara itu dengan rilisnya iPhone 8 dan iPhone 8 Plus RED Edition, nampaknya penjualan iPhone X semakin tertekan. Bahkan penjualan model lama masih menunjukkan angka yang bagus. iPhone 7/7 Plus memiliki pangsa 20% di kuartal ini, sementara iPhone 6S/6S Plus memiliki angka 13%. iPhone SE membuntuti di belakangnya dengan 8% penjualan.

Dengan fakta penjualan ini, apakah menurut kamu memang Apple perlu menghentikan proyek iPhone X miliknya dan berfokus hanya pada iPhone yang paling menguntungkan?

 

Sumber: 9to5mac

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.