Album kelima J. Cole mencetak prestasi tersendiri dalam ranah musik streaming. Album bertajuk KOD itu telah memecahkan rekor Apple Music untuk 24 jam pertama streaming di AS dengan 64,5 juta streaming. Apple mengungkapkan bahwa KOD melewati pemegang rekor sebelumnya, album Views karya Drake yang ‘hanya’ 1 juta streaming. Tujuh dari sepuluh lagu yang paling banyak diputar secara streaming di Apple Music kini adalah dari KOD.

Apple Music berhasil mendapatkan 66 persen pangsa pasar streaming hari pertama untuk KOD di AS dan 60% di seluruh dunia, melanjutkan total streaming minggu pertamanya dalam kategori artis hip-hop dan R&B. Entah bagaimana, Apple Music – yang memiliki 120 juta pengguna lebih sedikit dibandingkan Spotify, terus menyulitkan pesaingnya tersebut saat rilis musik baru artis-artis terkenal dunia.

Spotify juga tak mau kalah dan men-twit bahwa di Spotify, KOD juga di-streaming 36,6 juta kali di AS dalam 24 jam pertamanya, yang mana juga memecahkan rekor untuk streaming hari pertama di AS untuk sebuah AS.

Persaingan Spotify dan Apple Music diperkirakan akan makin memanas. Analis memperkirakan bahwa di musim panas ini, jumlah pengguna Spotify di AS akan dilewati oleh Apple Music yang tumbuh dengan sangat pesat. Ini juga akan mengukuhkan dominasi Apple di pangsa pasar musik streaming dunia, melanjutkan dominasi yang pernah dipegangnya pada saat iPod jaya dengan iTunes sebagai solusi menurunnya penjualan karya rekaman musik di seluruh dunia.

 

Sumber: TheVerge

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.