7 Fitur Baru iOS 11.3 di iPhone — Review iOS 11.3 Indonesia

Apple baru saja merilis iOS 11.3 ke publik, dan buat kamu yang penasaran apa saja fitur baru didalamnya — inilah review iOS 11.3 selengkapnya.

Ada cukup banyak fitur baru dan perbaikan yang ditanamkan Apple ke iOS 11.3, dan disini saya akan ulas 7 fitur paling penting iOS 11.3 di iPhone.

 

1. Ambil Alih Baterai dan Performa Sepenuhnya

Fitur baru pertama adalah Battery Health (Beta). Kalo kamu masih ingat, sebelumnya sempat muncul kontroversi karena Apple diketahui memperlambat kecepatan prosesor iPhone dengan sengaja. Alasannya adalah untuk memastikan iPhone tetap bisa dipakai tanpa mati mendadak saat kondisi baterai sudah tidak optimal lagi.

Tetapi sikap tidak transparan ini banyak menuai protes — dan untuk menjawab hal itu, Apple akhirnya merilis fitur Battery Health ini.

Kamu bisa membuka fitur ini melalui Settings > Battery > Battery Health (Beta)

Melalui fitur ini kamu bisa tahu secara transparan berapa kapasitas maksimal baterai iPhone yang kamu miliki. Sebagai contoh iPhone saya ini, kapasitas maksimal baterainya masih 95 persen — sehingga belum diperlambat, alias masih bisa dipakai dengan performa paling maksimal.

Tetapi jika kondisi baterai kamu buruk dan kapasitas maksimalnya rendah, maka secara default performa iPhone kamu akan dibatasi. Dan melalui Battery Health ini kamu bisa mematikan fitur pembatasan performa tersebut jika memang tidak menginginkannya.

Battery Health juga akan memberikan rekomendasi jika baterai iPhone kamu sudah saatnya diganti. Fitur ini tidak ada di semua iPhone, kamu tidak akan mendapatinya di iPhone 5s dan jajaran iPhone terbaru. Tetapi fitur ini ada di iPhone 6 / 6 Plus, iPhone SE, hingga iPhone 7 / 7 Plus.

2. Deretan Animoji Baru

Fitur baru kedua, buat kamu pengguna iPhone X, ada empat animoji baru yaitu lion, bear, dragon, dan skull. Jadi makin ada banyak pilihan Animoji yang bisa kamu animasikan.

3. Augmented Reality Vertikal

Fitur baru ketiga adalah ARKit 1.5. Versi ARKit terbaru ini memungkinkan developer untuk meletakkan obyek virtual di permukaan vertikal, seperti pintu dan tembok misalnya. Selain itu ARKit terbaru ini mendukung resolusi tinggi di real world camera view, dan bisa mendeteksi foto ataupun poster untuk dijadikan sebagai Augmented Reality.

4. Privasi Lebih Terlindungi

Fitur baru keempat, adalah perlindungan privasi yang lebih ketat lagi. Saat ada fitur Apple yang meminta info personal, maka icon Privasi bakal ditampilkan beserta detail penjelasan untuk apa dan bagaimana data privasi tersebut akan dipakai.

Selain itu di Safari juga ada berbagai fitur perlindungan privasi seperti AutoFilling yang kini hanya muncul jika form username atau password di tap, serta ditambahkannya warning di Smart Search Field kalau berinteraksi dengan form password dan username di website tak terenkripsi.

5. Fitur Baru Safari

Fitur baru kelima ada di Safari, dimana sekarang link artikel yang kamu bagikan melalui aplikasi mail, bakal langsung ditampilan dalam format Reader Mode. Jadi sang penerima email tidak perlu lagi klik link tersebut, karena bisa langsung membaca isinya dari dalam email.

Selain itu fitur AutoFill juga kini bisa dinikmati di web view dalam aplikasi.

6. Fitur Baru App Store

Fitur baru keenam ada di App Store. Kini App Store memberikan detail baru di halaman update aplikasi. Kalo kamu perhatikan di bagian bawah detail update, kini ada nomor versi beserta ukuran update yang harus didownload.

Selain itu kini kamu bisa urutkan review berdasarkan yang paling bermanfaat, paling baru, paling kritis, dsb.

7. Fitur Baru Lainnya

Dan terakhir, sebenarnya masih ada cukup banyak fitur baru minor lain seperti misalnya Smart Invert yang kini sudah support gambar di web dan email, lalu juga berbagai peningkatan performa mulai dari performa pencarian, handoff, universal clipboard, dsb.

Bagi kamu yang belum update silakan langsung saja install update ini melalui Settings > General > dan Software Update.

Dan buat kamu yang sudah update, sampaikan pengalaman kamu di kolom komentar. Mungkin kamu menemui masalah atau bahkan fitur baru yang masih terlewatkan dari daftar diatas.