Beberapa hari lalu, Macpoin telah membahas adanya bug karakter bahasa Telugu (India) yang menjadikan iOS, macOS, dan perangkat dalam ekosistem Apple lain mengalami crash. Nah, pagi ini Apple telah merilis software baru untuk mengatasi permasalahan bug karakter Telugu yang memengaruhi perangkat yang berjalan pada software publik Apple secara umum. Update ini telah tersedia hari ini dan dapat kamu unduh, mencakup iOS 11.2.6 untuk iPhone dan iPad, tvOS 11.2.6 untuk Apple TV, watchOS 4.2.3 untuk Apple Watch, dan macOS 10.13.3 sebagai update pelengkap bagi Mac.

Catatan rilis untuk iOS menyebutkan:

  • Perbaikan masalah yang mana pengguna dengan menggunakan urutan karakter tertentu dapat menyebabkan crash
  • Perbaikan masalah aplikasi pihak ketiga yang gagal terhubung ke aksesori eksternal

Pembaruan pada macOS ini juga menyebutkan referensi terkait karakter Telugu yang menyebabkan aplikasi menjadi crash saat menerimanya.

Apple memang minggu lalu telah berjanji untuk merilis update software guna mengatasi masalah ini; versi developer dan public beta, termasuk iOS 11.3 telah menyertakan perbaikan. Tapi Apple merilis update software hari ini untuk mencegah pelanggan menunggu update besar yang diperkirakan akan meluncur bulan depan.

Sedangkan apabila kamu adalah pengguna yang menjalankan build developer terbaru dan public beta, maka kamu tidak perlu menginstal rilisan hari ini untuk perbaikan.

Apakah kamu sudah menginstal update terbaru OS milik Apple ini? Bagaimana pendapat kamu? Apakah menemukan bug lainnya? Kabarkan kepada kami melalui kolom komentar.

Sumber: 9to5Mac

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.