Bug APFS di macOS High Sierra Bisa Menyebabkan Data Loss

Mac dan MacBook yang sudah menggunakan SSD otomatis akan berubah format file system di disk tersebut ketika update ke macOS High Sierra. Ya, Apple merilis APFS menggantikan HFS+ di semua komputer Mac yang sudah menggunakan SSD.

APFS ini memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah kemampuan baca tulis yang jauh meningkat dibandingkan dengan HFS+. Hanya saja, bukan berarti APFS ini tidak memiliki kekurangan sama sekali.

Baru-baru ini ditemukan bug APFS pada macOS High Sierra. Karena merupakan bug APFS, jadi bug ini juga cuma dialami oleh pengguna High Sierra pada Mac dan MacBook yang sudah menggunakan SSD.

Bug yang ditemukan kali ini cukup sakral, yaitu disk image vulnerability. Bug ini bisa menyebabkan data loss dalam kondisi tertentu ketika dikenai proses menulis di disk image yang sudah diformat.

Dilansir dari MacRumors, Mike Bombich dalam blognya menjelaskan masalah yang ada pada sistem APFS di macOS High Sierra. Dia bahkan juga membuat video yang mendemonstrasikan bug tersebut.

Dia menemukan ada kesalahan dalam proses writing data ke disk image yang sudah diformat ke APFS. Menurutnya, masalah ini tidak pernah terjadi di macOS versi sebelumnya. Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu bisa kunjungi blognya.

Bug ini seakan-akan melengkapi koleksi bug yang dialami di seluruh produk Apple sejak September tahun 2017 lalu. Ya, berbagai macam update software seperti iOS 11, macOS High Sierra, dan lain sebagainya dirilis pada bulan tersebut ke publik dan mengalami banyak masalah yang membuat banyak pengguna jengkel.

via MacRumors

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.