Intel Siap Gantikan Qualcomm Sebagai Pemasok Chip Baseband iPhone

Perseteruan sengit Qualcomm dan Apple di pengadilan akhirnya memakan korban. Tentu saja korban kali ini adalah Qualcomm yang kini akan segera “kehilangan” salah satu pelanggan terbesarnya, Apple sebagai pemasok chip baseband untuk iPhone.

Setelah Qualcomm dikabarkan tidak akan lagi menjadi pemasok chip baseband iPhone, kini Apple akan segera beralih ke Intel. iPhone 2018 akan menjadi produk iPhone pertama yang tidak menggunakan chip baseband dari Qualcomm.

Baca Juga:

Dilansir dari 9to5Mac, di awal November 2017 kemarin KGI Securities Ming Chi-Kuo mengatakan bahwa Apple akan mengadopsi chip baseband baru dari Intel. Chip ini akan mendukung teknologi 4×4 MIMO dengan kecepatan transmisi LTE lebih kencang dibandingkan dengan MIMO 2×2.

Pasokan dari Intel tersebut memang pada awalnya diprediksi cuma sekitar 70% hingga 80% saja, sisanya akan dikerjakan oleh Qualcomm. Kini dalam laporan terbaru, Intel akan menjadi pemasok eksklusif dan Apple benar-benar akan meninggalkan Qualcomm.

Namun jika konflik Apple dan Qualcomm berakhir, bukan tidak mungkin kesepakatan ini akan berubah. Apalagi, Qualcomm dalam kasus ini yang akan benar-benar rugi karena kehilangan Apple.

Kualitas chip Intel dan Qualcomm kabarnya tidak terlalu berbeda jauh. Hanya saja, chip buatan Intel diklaim masih belum bisa mengimbangi kecepatan jaringan dari Qualcomm.

via 9to5Mac

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.