Cara Atasi Path Penyebab macOS Could not be Installed

Sejak update macOS High Sierra ini banyak sekali pengguna yang kena error. Salah satu error install upgrade macOS yang populer adalah error path OSInstall.mpkg yang tidak bisa diatasi meski sudah restart berkali-kali.

Masalah error ini muncul dengan pesan macos could not be installed on your computer the path /system/installation/packages/osinstall.mpkg missing or damage. Meskipun sudah restart Mac namun masalah ini muncul lagi dan tidak kunjung selesai.

Dilihat dari pesan errornya, penyebab masalah ini adalah karena file OSInstall.mpkg menghilang atau rusak. Lalu apa itu OSInstall dan bagaimana cara mendapatkannya kembali?

Apple merilis APFS di macOS High Sierra menggantikan HFS+ yang udah kuno. Karena APFS adalah filesystem baru, maka perlu update UEFI firmware baru agar bisa booting dengan APFS.

Namun penyebab pasti dari masalah ini sebenarnya tidak terlalu jelas. Bisa jadi file update dari App Store tersebut corrupt, dan bisa jadi juga proses update firmware gagal.

Proses booting ketika update macOS High Sierra ini akan selalu diarahkan ke OS X Installer atau Mac OS Installer. Jadi Mac dan MacBook akan selalu booting ke sana.

Baca Juga:

Ketika terjadi error, maka yang harus kamu lakukan adalah booting ke partisi MacOS, atau Macintosh HD secara default. Kamu harus coba lagi install update macOS High Sierra setelah berhasil masuk dan booting ke macOS.

Untuk lebih lengkapnya, baca langkah dan panduannya berikut ini:

  1. Matikan Mac dan MacBook dan tunggu beberapa saat.
  2. Tekan power untuk menyalakan Mac, seketika itu langsung tekan Option atau Alt di Keyboard.
  3. Pilih partisi macOS untuk booting ke Mac OS, jangan pilih Installer. Secara default, nama partisi bawaan untuk booting ke Mac OS adalah Macintosh HD.
  4. Kamu akan booting ke macOS seperti biasa.
  5. Coba download lagi update macOS dari App Store.

Kini yang perlu kamu lakukan adalah update macOS lagi dari App Store seperti biasa. Coba install lagi dengan cara yang sama. Biasakan untuk membuat cadangan data terlebih dahulu agar jika terjadi error tidak ada data yang benar-benar hilang.

Bagaimana? Kamu sudah coba cara di atas dan masih mengalami masalah error path osinstall.mpkg macOS tersebut?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.