Atasi Masalah Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac

Melakukan upgrade Mac dan MacBook ke macOS terbaru memang sangat mudah. Cukup download dan install seperti layaknya kamu melakukan proses instalasi software pada umumnya.

Hanya saja, pada saat proses install upgrade macOS terbaru, muncul folder tanda tanya atau question mark berkedip. Kejadian ini banyak dialami penggu setelah update ke macOS High Sierra terbaru untuk Mac.

Penyebab muncul folder tanda tanya berkedip setelah update macOS adalah bisa jadi ada error saat proses install update tersebut. Beberapa di antaranya adalah konversi HFS+ ke APFS seperti pada macOS High Sierra.

Baca Juga:

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki muncul tanda tanya berkedip setelah update macOS adalah sebagai berikut:

  1. Matikan Mac atau MacBook milikmu. Kamu bisa mencoba untuk mematikannya secara paksa dengan menekan dan menahan tombol Power.
  2. Masuk ke Recovery Mode. Kamu bisa baca di sini untuk informasi lengkap cara masuk ke Recovery Mode di Mac.
  3. Cek partisi Mac di sana, apakah masih ada.
  4. Jika tidak ada, bisa jadi Hardisk kamu ada masalah, atau memang sudah rusak.
  5. Jika masih ada partisi Mac di sana, berarti ada masalah di sistem operasi macOS tersebut.
  6. Kamu bisa lakukan install ulang macOS untuk Mac dan MacBook dari Recovery Mode, atau install ulang Mac dari flashdisk.

Dengan melakukan install ulang, maka sistem operasi macOS yang ada di Mac dan MacBook menjadi seperti baru dan bisa digunakan seperti biasa. Namun jika proses install ulang Mac gagal, bisa jadi memang ada masalah di harddisk atau SSD Mac milikmu.

Bagaimana? Masih punya masalah muncul folder tanda tanya di Mac dan MacBook?

  VPN Gratis Unlimited  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.