Home Editorial 9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Aplikasi atau software akan membuat komputer dan laptop kita jadi memiliki lebih banyak fungsi. Aplikasi ini bukan cuma dari pihak pertama saja, namun juga bisa dari pihak kedua (aplikasi buatan kamu), dan juga aplikasi pihak ketiga (buatan pihak lain).

Bagi kamu yang belum tahu, komputer Mac dari Apple ini menggunakan platform macOS yang tentu berbeda dari PC atau laptop berbasis Windows. Karena itu jangan heran jika ada beberapa perbedaan diantara keduanya, mulai dari fitur hingga ketersediaan software atau aplikasi pendukung.

Apakah ada software eksklusif macOS yang tidak ada di PC atau laptop Windows pada umumnya? Tentu saja banyak. Namun paling tidak beberapa software ini cukup untuk membuat pengguna Windows iri. Apa sajakah itu?

 

Final Cut Pro

Kamu yang sering bekerja sebagai editor video pasti pernah mendengar aplikasi Final Cut Pro. Final Cut Pro adalah software editing video profesional buatan Apple. Bisa dibilang Final Cut Pro merupakan salah satu saingan terberat Adobe Premiere Pro di ranah software profesional untuk editing video.

Meskipun dari sisi detail fitur ada banyak perbedaan, namun secara fungsi Final Cut Pro ini bisa dibilang mirip dengan Adobe Premiere Pro. Sudah banyak para editor video yang membuat komparasi mengenai fitur Final Cut Pro dengan Adobe Premiere Pro. Bahkan video-video dari Kepoin Tekno juga diproduksi dengan menggunakan Final Cut Pro lho.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Kekurangan utama Final Cut Pro adalah aplikasi ini hanya eksklusif di Mac OS X atau macOS saja. Jadi kamu mau tidak mau harus membeli Mac / MacBook untuk bisa menggunakan Final Cut Pro ini. Berbeda dengan Premiere Pro yang selain tersedia di Mac, juga tersedia di Windows.

Namun justru karena hanya tersedia di platform Apple saja, kinerja Final Cut Pro di Mac secara umum jauh lebih baik daripada Adobe Premiere Pro. Wajar memang karena software Apple ini dibuat oleh Apple dan tentu dioptimasi maksimal bagi macOS. Kelebihan lain dari Final Cut Pro adalah kesederhanaan dan kemudahannya saat digunakan, sebuah experience yang menjadi ciri khas dari produk besutan Apple.

 

Logic Pro

Setelah kita membahas software Apple untuk editing video, sekarang software Apple untuk produksi musik. Ya, Logic Pro sudah terkenal dalam industri musik dan banyak menjadi andalan para profesional musik.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows
via Apple

Kamu pengguna PC dan laptop Windows? Sayang sekali, kamu harus beli Mac atau MacBook untuk bisa menggunakan Logic Pro ini karena hanya tersedia di platform OS X atau macOS saja.

 

Xcode

Kamu pengembang aplikasi mobile? Kemungkinan kamu akan menjadi pengembang aplikasi Android atau iOS. Untuk menjadi pengembang aplikasi Android, kamu perlu Android Studio untuk bisa membuat aplikasi Android. Android Studio tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

Namun jika kamu ingin menjadi pengembang aplikasi iOS, kamu perlu Xcode, software untuk membantu pengembang dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS, watchOS, tvOS, dan tentu saja macOS. Masalahnya, Xcode hanya tersedia di OS X atau macOS saja, dan tidak ada di Windows.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows
via Apple

Bahkan ketika kamu bisa membuat aplikasi iOS dan Android secara multiplatform dengan menggunakan Xamarin misalnya, kamu tetap harus membutuhkan komputer Mac untuk melakukan deploy aplikasi iOS tersebut ke iPhone, iPad atau iPod Touch.

 

iWork

Sudah tahu aplikasi Office dari Apple yang bernama iWork? Ya, paket iWork yang terdiri dari Pages untuk olah dokumen, Numbers untuk olah angka, dan Keynote untuk membuat presentasi tersebut hanya tersedia di platform Mac dan iOS saja dan tidak ada di platform lain semisal Windows.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows
via Apple

iWork menyediakan software yang sederhana dan mudah digunakan. Untuk urusan fitur memang masih kalah jauh dengan Microsoft Office, namun fitur Microsoft Office yang kompleks kadang membuat pengguna Mac lebih memilih iWork ketimbang Microsoft Office untuk mengolah dokumen sederhana dengan cepat.

 

Ulysses

Sekarang kita mulai membahas aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sebenarnya, salah satu yang paling terkenal adalah Ulysses. Aplikasi yang namanya diambil dari salah satu nama novel terkenal, Ulysses ini adalah aplikasi untuk menulis. Ya, entah itu menulis sederhana seperti blogging atau hingga pekerjaan serius seperti menulis buku dan novel, Ulysses bisa diandalkan.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Banyak blogger dan penulis yang mengandalkan Ulysses ini karena dibalik kesederhanaannya, aplikasi ini sebenarnya sangatlah powerful. Apa yang kamu tulis di Mac akan tersinkronisasi ke iPhone / iPad, dan sebaliknya. Kamu bisa export hasil tulisan menjadi HTML untuk diposting di web, menjadi PDF dengan berbagai style, bahkan dengan mudah menyulap tulisan menjadi ebook profesional.

Satu hal yang mungkin akan membuat pengguna Windows iri adalah, aplikasi ini hanya tersedia di Mac dan iOS saja. Jadi jika kamu ingin menggunakan aplikasi menulis yang keren ini, mau tidak mau harus pakai Mac atau iOS. BacaReview Ulysses: Aplikasi Terbaik Untuk Menulis dan Blogging

 

Tweetbot

Mau main Twitter di PC atau laptop? Well, kamu bisa melakukannya, entah menggunakan aplikasi resmi Twitter, menggunakan web, atau melalui TweetDeck. Lalu apakah ada aplikasi Twitter yang eksklusif Mac dan tidak ada di Windows? Jawabannya ada, yang paling terkenal adalah Tweetbot.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Aplikasi Tweetbot ini sudah sangat populer di era awal Twitter dulu karena menawarkan fitur yang jauh lebih baik dari aplikasi Twitter Client manapun kala itu, bahkan aplikasi resmi Twitter sekalipun.

 

Sketch App

Siapa sih yang nggak kenal dengan Sketch? Untuk kamu yang menggeluti bidang desain, User Interface hingga User Experience, pasti mengenal software Sketch. Sketch biasanya lebih banyak digunakan oleh desainer aplikasi mobile hingga desainer web.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Sudah bertahun-tahun eksis di Mac, dan hingga kini belum ada tanda-tanda Sketch akan mendarat ke Windows. Sang developer sendiri menyatakan tidak akan merilis Sketch ke platform lain karena framework dan teknologi yang digunakan Sketch hanya eksklusif untuk macOS saja.

 

Pixelmator

Bosan dengan Adobe Photoshop karena terus-terusan membayar biaya langganan bulanan? Kamu bisa coba Pixelmator. Meskipun secara kompleksitas fitur Pixelmator masih kalah dengan Adobe Photoshop, namun kalau sekedar untuk mempercantik foto, menghilangkan obyek yang tak diinginkan, mengedit background foto, atau bahkan menggambar vector, tidak sulit bagi Pixelmator untuk melakukannya. Sebagian besar fitur Adobe Photoshop bisa kamu dapatkan di Pixelmator.

9 Software Eksklusif Mac yang Tidak Ada di Windows

Bahkan sang developer Pixelmator ini sangat percaya diri dengan hanya mau merilis aplikasi Pixelmator di Mac saja. Untuk versi mobile juga cuma ada di iOS saja. Beberapa waktu lalu Pixelmator Pro dirilis, dan lagi-lagi cuma tersedia untuk Mac. Harganya sendiri jauh lebih murah dari Adobe Photoshop dan menawarkan kemudahan bagi yang ingin mengedit foto dengan cepat.

 

Setapp

Kamu suka langganan musik dari Spotify, JOOX, dan lain sebagainya? JIka benar, maka kamu pasti tahu bahwa kamu tidak perlu beli musik mahal-mahal untuk bisa memainkannya kan? Cukup bayar biaya langganan per bulan, kamu bisa memutar semua musik dengan legal, sebanyak yang kamu mau.

Nah, konsep berlangganan seperti itulah yang dihadirkan dalam layanan Setapp. Bedanya, jika Spotify dan lain-lain tersebut berlangganan musik, maka di Setapp, kamu akan berlangganan aplikasi Mac.

Kamu tidak perlu beli ratusan aplikasi Mac dengan total harga yang sangat mahal. Cukup langganan dengan biaya bulanan kamu sudah bisa mendapatkan ratusan aplikasi Mac dari Setapp, secara legal dan murah.

Beberapa aplikasi Mac yang sangat populer seperti CleanMyMac, Gemini, MoneyWiz, NetSpot, Blogo, Ulysses, dan lain-lain sudah masuk ke dalam Setapp. (Baca: 6 Aplikasi macOS Terbaik di Setapp)

Sudah ada lebih dari 100 aplikasi Setapp sekarang ini, dan Setapp menargetkan akan ada sekitar 300 aplikasi di masa depan. (BacaCara Daftar Setapp Gratis dan Berlangganan Aplikasi Mac)

Nah, itu dia beberapa aplikasi Mac yang tidak ada di Windows, atau mungkin tidak akan pernah dirilis ke Windows.

Punya daftar aplikasi eksklusif Mac lain yang masih terlewatkan dari daftar diatas? Langsung saja bagikan di kolom komentar.

  Cara Menghilangkan Noise Pada Audio  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Hampir Fanboy | Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode