Home Basic Cara Aktifkan Fitur Dark Mode iOS di iPhone dan iPad

Cara Aktifkan Fitur Dark Mode iOS di iPhone dan iPad

Cara Aktifkan Fitur Dark Mode iOS di iPhone dan iPad

Dark mode atau tampilan gelap yang serba hitam merupakan salah satu fitur yang memungkinkan tampilan smartphone atau tablet menjadi gelap. Tampilan gelap dengan dark mode ini dirasa nyaman di mata, khususnya untuk penggunaan di lingkungan kurang cahaya.

Sistem operasi iOS di iPhone dan iPad sebenarnya tidak punya fitur dark mode secara khusus, namun kamu bisa memanfaatkan fitur lain. Ya, bukan dark mode, iOS 11 punya fitur Smart Invert Colors bawaan. Fitur ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif dark mode di iOS.

Baca Juga:

Konsep Smart Invert Colors ini adalah membalikan warna. Jika warna putih akan menjadi hitam, warna biru akan menjadi jingga, dan sebagainya. Namun Smart Invert Colors ini cukup cerdas, yaitu tidak akan membalikan warna pada media seperti gambar/ file foto serta video.

Dengan demikian, fitur ini sebenarnya sudah cukup untuk cuma sekedar mengaktifkan dark mode iOS dan menggunakan darkmode di iPhone dan iPad. Penasaran seperti apa?

Berikut ini adalah tutorial cara mengaktifkan Smart Invert Colors sebagai alternatif dark mode iOS di iPhone dan juga iPad.

  1. Pastikan iPhone atau iPad kamu sudah menggunakan iOS 11 terbaru ya. Jika belum, kamu bisa update iOS di iPhone dan iPad seperti pada langkah-langkah di artikel ini -> Cara Update iPhone dan iPad ke iOS 11.
  2. Masuk ke Setting – Accessibility – Screen Accomodation – Invert Colors lalu nyalakan Smart Invert.
    Cara Aktifkan Fitur Dark Mode iOS di iPhone dan iPad
  3. Sekarang kamu tinggal buka-buka semua aplikasi iOS yang ada.
    Cara Aktifkan Fitur Dark Mode iOS di iPhone dan iPad
  4. Dark mode akan tersedia di semua aplikasi iOS di iPhone dan iPad kamu.

Kekurangan dari cara ini adalah, tidak semua aplikasi akan mendukung Smart Invert. Alhasil, aplikasi yang tidak mendukung Smart Invert tersebut akan menampilkan invert tradisional, yaitu membalikan semua warna termasuk file media seperti foto dan video.

Bagaimana? Kamu punya cara lain yang lebih baik untuk menggunakan dark mode iOS di iPhone maupun juga iPad ini?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow MacPoin di Twitter ya πŸ˜€

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode