Home Mac Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Saat ini ada banyak sekali layanan messenger, yang kalau dituruti menginstall semua aplikasi native-nya, Mac bakal penuh dengan aplikasi messenger tersebut. Misalkan saja saya pake Slack untuk diskusi team, FB Messenger untuk ngobrol dengan teman-teman, WhatsApp untuk media komunikasi keluarga, dan Skype untuk komunikasi dengan partner / client. Sebenarnya Ini masih mendingan loh, karena beberapa rekan saya bahkan masih ketambahan pakai Line, Telegram, dan masih banyak lagi! Daripada install satu per satu aplikasi native messenger tersebut atau membuka tab browser untuk masing-masing messenger, saya lebih memilih menggunakan Franz, aplikasi messenger all-in-one yang menggabungkan hampir semua messenger populer kedalam satu aplikasi saja.

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Hari ini Franz baru saja merilis versi Franz 5 (beta) ke publik — dan dibandingkan Franz 4 (Final) yang pernah saya review sebelumnya, Franz 5 memiliki banyak hal yang baru. Di review kali ini MacPoin akan mengulas seperti apa Franz 5 dan apa fitur baru didalamnya jika dibandingkan dengan Franz versi sebelumnya.

Perlu Akun Franz

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Jika sebelumnya Franz tinggal pake aja dan tidak mengharuskan kamu untuk login atau daftar akun, di Franz 5 tidak demikian. Pertama kali kamu buka Franz 5, kamu akan langsung disuguhi dengan opsi untuk login atau daftar ke akun Franz. Saat proses pendaftaran ini kamu bisa memilih apakah akan menggunakan Franz Basic (gratis), ataukah bergabung menjadi Premium Supporter (bayar bulanan / tahunan). Untuk tetap memakainya secara gratis, kamu tinggal pilih saja opsi Free.

Beberapa Jenis Akun Franz

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Masih berhubungan dengan akun Franz diatas, di Franz 5 ada beberapa jenis akun. Pertama adalah Basic / Free, ini adalah akun yang bisa kamu gunakan secara gratis. Meskipun selama memakainya tidak ada iklan yang ditampilkan, tetapi tidak ada jaminan bahwa Franz 5 ini bakal bebas iklan.

Kedua adalah akun Premium Franz Supporter, yang memiliki dua opsi yaitu bayar €4 bulanan (sekitar 63 ribu rupiah), atau langsung bayar €34 setahun (sekitar 553 ribu rupiah). Di versi premium ini ada jaminan bahwa Franz akan bebas iklan, ada dukungan add on-premise/hosted services, serta masih ada beberapa fitur premium yang disiapkan, seperti enkripsi, layanan private, serta dukungan proxy & VPN. Beberapa fitur ekstra yang cukup menarik untuk dimiliki.

Nah yang ketiga ini agak unik serta tidak MacPoin rekomendasikan untuk kamu pilih, yaitu opsi mendapatkan fitur premium gratis dengan memanfaatkan Mac kita sebagai crypto mining. Jadi Franz akan menggunakan 20 – 50% resource CPU untuk mining Cryptocurrency Monero. Franz memastikan bahwa penggunaan resource CPU bakal disesuaikan dengan kebutuhan sistem sehingga tidak akan membuat Mac lemot atau terlalu menyedot baterai. Tetapi menurut saya opsi ini tidak worth it untuk diikuti.

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Tampilan

Satu hal yang jelas terlihat baru di Franz 5 adalah tampilan. Franz 5 memiliki tampilan yang lebih mulus dan terkesan modern dibandingkan dengan Franz 4 yang masih kaku dan terasa oldies.

Tampilan saat memilih Messenger jadi lebih cantik, opsi pengaturan juga lebih manis, dan kini kamu bisa menampilkan / menghilangkan icon Franz di Menu Bar dlangsung dari Settings.

Perbedaan besar antara Franz 5 dan Franz 4 ada di posisi tab. Sebelumnya tab messenger ada di bagian atas, kaku dan kotak, memberikan kesan lawas. Tetapi kini tab messenger ada di bagian samping kiri, dengan tampilan yang lebih halus dan modern.

Review: Franz 5 — Mengakses Banyak Akun Messenger Dari Satu Aplikasi Saja

Kesimpulan

Dari sisi fungsi dan fitur, sebenarnya tidak ada banyak perubahan mendasar di Franz 5 ini. Hanya saja dari segi penggunaan, kini kamu harus memiliki akun Franz untuk bisa memakai aplikasi messenger all-in-one ini. Tidak hanya itu, kini ada juga beberapa pilihan akun mulai dari gratis, berbayar dengan tambahan fitur premium, hingga premium namun tetap gratis — tapi mengharuskan Mac kamu jadi crypto mining sebagai gantinya.

Overall, Franz masih menjadi andalan saya untuk mengakses banyak akun messenger dari satu aplikasi saja. Selain praktis, di versi 5 ini tampilannya juga semakin manis dan terlihat modern.

Bagi kamu yang ingin menggunakan Franz 5 (beta), kamu bisa mendownloadnya disini.

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.