Home Editorial Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?
images by CNET

Bagi kamu yang berencana untuk membeli iPhone 8 / iPhone 8 Plus, mungkin akan diperhadapkan dengan pilihan yang sulit: pilih beli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus? Untuk memudahkan kamu dalam memilih iPhone mana yang tepat untuk dimiliki, berikut ini MacPoin berikan detail penjelasan tentang perbedaan iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.

Ukuran & Resolusi Layar

Salah satu hal utama yang bisa membantu kamu dalam memilih apakah iPhone 8 atau iPhone 8 Plus yang cocok untuk dibeli adalah dari sisi ukuran iPhone. Apakah kamu nyaman pakai iPhone dengan ukuran besar atau pakai iPhone dengan ukuran kecil?

iPhone 8 memiliki ukuran layar 4.7 inch beresolusi 750 x 1334 px dengan kedalaman pixel 326 ppi dan rasio screen to body sekitar 65.4%. Ukuran layar ini membuat iPhone 8 lebih kecil dan ringkas dari iPhone 8 Plus, dengan dimensi body hanya 138.4 x 67.3 x 7.3 mm.

Hal ini berbeda dengan iPhone 8 Plus yang memiliki layar 5.5 inch beresolusi 1080 x 1920 px dengan kedalaman pixel 401 ppi dan rasio screen to body sekitar 67.4%. Ukuran layar ini membuat iPhone 8 Plus lebih besar dari iPhone 8 dengan dimenso body mencapai 158.4 x 78.1 x 7.5 mm.

Ukuran iPhone 8 Plus yang lebih besar memang terasa agak sulit saat dipegang (terlebih bagi kamu yang tidak biasa menggunakan phablet), tetapi menawarkan resolusi lebih tinggi, kedalaman pixel lebih besar, serta ukuran layar yang lebih lega.

Jika kamu ingin puas saat browsing atau menikmati multimedia — serta nyaman memakai iPhone berukuran besar, pilihlah iPhone 8 Plus. Tetapi jika kamu ingin iPhone yang ringkas, praktis, dan nyaman dipakai dengan ukuran lebih kecil, pilih iPhone 8 saja.

Untuk kualitas dan jenis layar sendiri tidak ada perbedaan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Keduanya sama-sama menggunakan layar IPS LCD dengan wide color gamut, true-tone display, dan dilengkapi dengan fitur 3D touch.

Kamera Belakang

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus — Mana yang Sebaiknya Dipilih?
images by CNET

Hal kedua yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memilih adalah kamera belakang. Ada perbedaan signifikan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di kamera belakang. iPhone 8 hanya memiliki satu kamera belakang saja dengan sensor 12MP, f/1.8, 28mm, dan sudah dilengkapi OIS. Sedangkan iPhone 8 Plus memiliki dual kamera belakang yang masing-masing bersensor 12MP (28mm, f/1.8, OIS & 57mm, f/2.8). Kamera iPhone 8 Plus dilengkapi dengan 2x optical zoom, serta bisa mengambil foto dengan efek bokeh.

Untuk kamera depan sama persis, yaitu menggunakan kamera bersensor 7MP, f/2.2.

Jika kamu ingin iPhone dengan kamera yang lebih superior, serta memiliki optical zoom dan kemampuan efek bokeh, tidak ada keraguan lagi bahwa iPhone 8 Plus lah yang harus kamu pilih.

RAM & Performa

Meskipun sama-sama menggunakan prosesor Apple A11 Bionic Hexa-core yang powerful, tetapi RAM dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus berbeda. iPhone 8 dilengkapi dengan 2GB RAM sedangkan iPhone 8 Plus dilengkapi 3GB RAM. Jadi dari sisi performa, kamu bisa mengharapkan kekuatan lebih dari iPhone 8 Plus dibandingkan iPhone 8.

Baterai

Ukuran yang lebih besar tentu menuntut kapasitas baterai yang lebih besar pula. Hal ini membuat Apple menanamkan baterai yang berbeda di iPhone 8 vs iPhone 8 Plus.

Kapasitas baterai iPhone 8 hanya 1821 mAh dan bisa bertahan talk time hingga sekitar 14 jam. Sedangkan kapasitas baterai iPhone 8 Plus lebih besar lagi dengan 2691 mAh yang mampu bertahan talk time hingga sekitar 21 jam.

Jadi jelas jika keawetan baterai yang kamu cari, iPhone 8 Plus adalah pilihan yang lebih tepat.

Berat

Dengan ukuran yang berbeda, tentu berat iPhone 8 vs iPhone 8 Plus berbeda pula. iPhone 8 memiliki berat hanya 148 gram, sedangkan iPhone 8 Plus lebih berat lagi dengan 202 gram.

Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Lalu sebaiknya pilih mana, iPhone 8 atau iPhone 8 Plus? MacPoin menyarankan, jika kamu lebih suka iPhone yang ringkas, ringan, dan dibandrol harga yang lebih terjangkau, pilihlah iPhone 8.

Tetapi jika kamu nyaman menggunakan iPhone besar seukuran phablet dengan ukuran layar yang lega dan resolusi / kedalaman pixel lebih padat, memiliki performa lebih kencang, baterai lebih awet, kamera superior — serta tidak masalah untuk membayar harga lebih, iPhone 8 Plus adalah pilihan tepat.

Nah itulah dia detail perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Semoga informasi ini memudahkan kamu untuk menentukan iPhone mana yang ingin kamu beli, apakah iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.

Kini, mana yang lebih kamu pilih? Bagikan pilihan kamu disini.

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.