Home Editorial Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Salah satu cara yang saya lakukan agar tidak ketinggalan berbagai info dan berita terbaru dari situs favorit saya adalah dengan berlangganan RSS Feed mereka dan memasukkan semuanya ke aplikasi RSS Reader. Memang sih, sebenarnya saya bisa saja mengunjungi masing-masing web satu per satu, tetapi lebih praktis jika semuanya langsung ngumpul dalam satu aplikasi dan saya tinggal pilih saja mana yang ingin saya baca.

Dari sekian banyak aplikasi RSS Reader untuk macOS, berikut ini adalah aplikasi RSS Reader terbaik versi MacPoin.

Spoiler: urutan aplikasi RSS Reader terbaik untuk Mac pilihan MacPoin

  1.  Reeder 3 
  2.  News Explorer
  3.  Leaf 

Penjelasan selengkapnya baca review MacPoin dibawah ini:

 

Aplikasi RSS Reader Terbaik: Reeder 3

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Pilihan utama aplikasi RSS Reader terbaik untuk Mac jatuh kepada Reeder 3. Dibandingkan dengan aplikasi RSS Reader lain yang saya coba, Reeder 3 memiliki experience paling mulus dan paling kencang diantara yang lainnya. Untuk urusan performa dan kecepatan, aplikasi ini unggul diatas aplikasi RSS Reader Mac lainnya.

Kelebihan Reeder 3

Sebenarnya tidak hanya performa dan kecepatan saja, Reeder 3 nyaris unggul di semua kelas. Dari segi integrasi dengan layanan lain misalnya, Reeder 3 ini yang paling lengkap. Tidak hanya RSS Feed local saja yang bisa kamu masukkan, tetapi kamu juga bisa memasukkan berbagai akun dan layanan RSS Feed lain seperti Feedbin, Feedly, Feed Wrangler, FeedHQ, NewsBlur, dsb.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Tetapi diantara semua integrasi yang ada, yang paling saya suka adalah integrasi dengan Instapaper. Bagi kamu yang belum tahu, Instapaper ini adalah layanan “Read it later“. Ketika kamu browsing atau menemukan konten menarik, kamu bisa menyimpan di Instapaper. Dengan adanya integrasi Instapaper, Reeder 3 benar-benar mampu menjadi aplikasi baca all-in-one. Feed dari situs favorit, ada. Konten menarik yang disimpan di Instapaper, ada. Praktis.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Bagi kamu yang suka berbagi konten, Reeder 3 juga memiliki opsi share yang lengkap. Kamu bisa share artikel ke berbagai sosial media, menyimpannya di layanan Read it Later seperti Instapaper ataupun Pocket, menyimpan di Evernote, dsb.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Untuk urusan tampilan, ada berbagai kombinasi theme yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Terhitung ada 9 kombinasi warna dari cerah (White) hingga yang Dark ataupun Black.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Selain itu ada dua layout yang bisa kamu pilih, yaitu Classic Layout dan Minimized Layout. Classic Layout akan menampilkan tampilan dengan tab berjajar yang enak digunakan untuk baca. Sedangkan Minimized Layout (ini favorit saya) sangat berguna sebagai blogger dan penulis yang membagi layar menjadi dua, sebelah kiri Reeder 3 sebagai sumber artikel, dan di sebelah kanan aplikasi Writing untuk menulis.

Seperti aplikasi RSS Reader lain, Reeder 3 juga dilengkapi dengan in-app browser, dimana kamu bisa mengatur agar browser tersebut membuka web versi mobile yang biasanya memiliki experience baca yang lebih simple dari versi desktopnya.

Dan inilah kelebihan utama Reeder 3 yang membuat saya memilihnya sebagai aplikasi RSS Feed Reader terbaik untuk Mac: kelengkapan gesture yang dimilikinya. Menggunakan Reeder 3 sangat nyaman dengan berbagai Gesture yang dimilikinya. Hampir semua hal bisa kamu lakukan dengan menggunakan swipe.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Pengen nampilin sidebar? No problem. Swipe saja ke kanan. Pengen baca rangkuman artikel dari RSS secara penuh? Cukup pinch saja di Touchpad. Pengen buka halaman web aslinya? Swipe saja ke kiri. Praktis, nyaman, dan enak!

Reeder 3 menggunakan Mercury untuk parsing summary feed menjadi full artikel, dan kecepatan parsingnya nyaris instan.

Kekurangan Reeder 3

Jika berbicara tentang kelemahan, Reeder 3 ini tidak dilengkapi dengan fitur notifikasi seperti halnya News Explorer misalnya, jadi berita baru hanya bisa kamu lihat dengan membuka aplikasi, atau melirik jumlah badge counter yang ada di Dock.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Download Reeder 3

Reeder 3 bisa kamu dapatkan langsung dari App Store dengan harga 149 ribu rupiah.

Download Reeder 3 (App Store)

 

Aplikasi RSS Reader Runner Up: News Explorer

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Aplikasi RSS Reader terbaik kedua versi MacPoin adalah News Explorer. Secara fitur, News Explorer ini murni RSS Reader. Kamu memang bisa menghubungkan akun Pocket, Instapaper, Evernote, dsb, tetapi hanya untuk keperluan sharing, alias menyimpan konten RSS Feed ke berbagai layanan tersebut. Sedangkan untuk membaca isinya (seperti yang bisa dilakukan oleh Reeder 3), tidak bisa kamu lakukan di News Explorer.

Kelebihan News Explorer

Namun demikian untuk fitur RSS Reader nya sendiri, News Explorer sangat powerful. Keunggulan utama News Explorer adalah fitur search feed yang sangat akurat, melebihi akurasi pencarian feed oleh Reeder 3. Jadi kamu tinggal ketikkan saja nama website, dan News Explorer akan menampilkan deretan alamat feed yang bisa kamu subscribe. Kemudahan ini sulit kamu nikmati di Reeder 3, dimana saya sendiri sampai harus memanfaatkan layanan pihak ketiga yaitu RSS Search Hub untuk mencari link RSS feed, karena akurasi pencarian feed di Reeder 3 yang kurang akurat.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Oh ya, News Explorer ini juga bisa menjadi reader dari feed akun Twitter kamu, jadi nggak cuman berita / artikel dari RSS feed web favorit kamu aja ya yang bisa diakses, akun Twitter kamu juga bisa disinkronisasikan dengan News Explorer ini.

Kelebihan News Explorer lainnya, aplikasi ini sudah memiliki fitur notifikasi, jadi kalo ada berita baru yang muncul, kamu akan memperoleh notifikasi pemberitahuan. News Explorer juga terintegrasi dengan iCloud dan bisa diatur untuk membersihkan data sinkronisasi tersebut secara rutin dan otomatis setiap beberapa waktu sekali (defaultnya seminggu sekali).

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Pilihan theme tampilan News Explorer memang tidak selengkap Reeder 3, tetapi sudah lebih dari cukup dengan 4 opsi yang tersedia (Dark, Default, System, Yin Yang).

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Untuk parsing summary RSS Feed, News Explorer juga menggunakan Mercury Web Parser, dan meskipun proses parsing sedikit lebih lama dari Reeder 3, tetapi akurasinya lebih bagus. Terkadang di Reeder 3 ada gambar yang tidak berhasil diparsing, tetapi di News Explorer hasil parsing artikel selalu lancar tanpa masalah.

Satu lagi keunggulan News Explorer — terutama jika kamu adalah pengguna Setapp — aplikasi ini sudah tersedia juga di dalam Setapp, jadi kamu tidak perlu lagi membelinya secara terpisah.

Kekurangan News Explorer

Satu hal yang membuat News Explorer gagal masuk sebagai aplikasi RSS Reader terbaik untuk Mac versi MacPoin adalah tidak banyaknya dukungan gesture yang tersedia. Kamu memang bisa swipe ke kiri untuk Mark as Favorite, dan swipe kanan untuk Mark as Unread, tetapi ya hanya itu saja. Menampilkan atau menutup tab sidebar harus kamu lakukan secara manual menggunakan tombol yang tersedia, begitu juga untuk membuka atau menutup artikel yang dibaca. Jika di Reeder 3 kamu dimanjakan dengan Gesture, di News Explorer bakal banyak membutuhkan shortcut untuk mendapatkan kenyamanan yang sama. Misalnya saja, jika di Reeder 3 kamu tinggal pinch saja untuk membaca parsing artikel secara full, di News Explorer kamu bisa melakukannya dengan menekan shortcut V. Selain itu untuk urusan performa, News Explorer juga tidak sekencang dan semulus Reeder 3.

Tetapi diluar dua hal itu (gesture dan performa), News Explorer sangat bisa diandalkan sebagai aplikasi RSS Reader sehari-hari.

Download News Explorer

News Explorer bisa kamu beli di App Store dengan harga 149 ribu rupiah, atau jika kamu pengguna Setapp, kamu bisa langsung saja download News Explorer dari dalam Setapp (daftar Setapp disini).

Download News Explorer (Setapp | App Store)

 

Aplikasi RSS Reader Alternatif Lain

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Diluar Reeder 3 dan News Explorer, masih ada banyak aplikasi RSS Reader lain di Mac. Aplikasi RSS Reader alternatif yang layak kamu gunakan selain Reeder 3 dan News Explorer Leaf. Aplikasi ini juga punya keunggulan tersendiri, misalnya saja adanya fitur Clutter-Free yang berupa opsi permanen. Jadi jika kamu pilih opsi Clutter-Free, maka semua daftar feed yang kamu buka akan otomatis ditampilkan secara full dan teroptimasi untuk baca. Tidak perlu kamu pinch di masing-masing item seperti di Reeder 3, atau tekan shortcut V seperti di News Explorer, lagi dan lagi. Hanya saja fitur Clutter-Free ini tidak menampilkan gambar dan hanya teks saja, dengan konsep untuk fokus di baca konten. Pilihan themes Leaf juga sangat minim dengan ketersediaan hanya 2 opsi saja, yaitu Dark dan White.

Aplikasi RSS Reader Terbaik untuk Mac (Review)

Sebenarnya masih ada lagi aplikasi ReadKit yang dulu sempat populer, tetapi saat ini sering mengalami crash jadi tidak MacPoin masukkan dalam rekomendasi.

 

Kesimpulan

Nah itulah dia ulasan aplikasi RSS Reader terbaik untuk Mac, dimana Reeder 3 menjadi juaranya, disusul oleh News Explorer, dan sebuah alternatif lain yaitu Leaf.

Punya aplikasi RSS Reader favorit lain? Sampaikan di kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.