Home iPhone Apple Dituntut Karena Melanggar Trademark “Animoji”

Apple Dituntut Karena Melanggar Trademark “Animoji”

Apple Dituntut Karena Melanggar Trademark "Animoji"

Salah satu fitur unggulan di iPhone X adalah Animoji. Buat kamu yang belum tahu, Animoji (Animated Emoji) adalah istilah bagi Apple untuk menyebut fitur emoji di iPhone X yang bisa bergerak mengikuti gerakan wajah. (Baca: Animoji, Apa Sih Itu?)

Nah ternyata nih, sudah ada aplikasi di App Store dengan nama Animoji sejak tahun 2014, dan sudah didaftarkan oleh sang pemilik — Enrique Bonansea — di U.S. trademark di tahun 2015. Tak ayal lagi Enrique menuntut Apple karena melanggar trademark “Animoji” yang dia miliki.

Apple sendiri dianggap sudah tahu bahwa ada nama Animoji yang menjadi trademark, karena Apple dianggap pernah mencoba untuk membeli brand Animoji tersebut melalui The Emoji Law Group LLC yang dipercaya bekerja atas perintah Apple. Saat penawaran tersebut, Enrique Bonansea pun menolak menjual Animoji, dan cukup mengejutkan karena di event pengumuman iPhone X lalu, Apple ternyata menggunakan nama Animoji untuk menyebut salah satu fitur unggulannya tersebut.

Sebenarnya Apple bisa saja mencari nama lain yang tak melanggar Trademark tersebut, tetapi toh Apple tetap menggunakannya. Bahkan pada 11 September sebelum pengumuman iPhone X, Apple mengisi petisi di U.S. Patent and Trademark Office untuk membatalkan trademark Animoji yang dimiliki oleh Enrique Bonansea. Apple mengklaim bahwa Trademark Animoji tidak sah karena saat didaftarkan, perusahaan emonster, Inc tidak ada. Enrique Bonansea mengatakan bahwa ada kesalahan, dimana Animoji tidak terdaftar atas nama perusahaannya di Jepang, Emonster k.k

Nama aplikasi Animoji di iTunes sendiri nampaknya sudah diubah oleh Apple dengan menambahkan keterangan Patent Pending. Kini dengan nama besar Apple, entah siapa yang bakal memenangkan perang trademark ini. Tetapi satu hal yang pasti, Apple tentu bisa membayar lawyer-lawyer terbaik untuk memenangkan dan merebut apapun yang mereka inginkan, termasuk trademark Animoji ini.

Aplikasi Animoji sendiri merupakan aplikasi lawas yang kini sudah tidak pernah diupdate lagi. Tercatat aplikasi ini terakhir kali diupdate 3 tahun lalu, tepatnya pada 30 September 2014.

via macrumors

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.