Home Editorial Review: Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Review: Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Pekerjaan sebagai seorang penulis, entah itu menulis buku, novel atau cuma sebatas menulis blog tentu saja membutuhkan aplikasi terbaik. Salah satu aplikasi terbaik untuk menulis, termasuk blogging adalah  Ulysses . MacPoin sempat membuat review Ulysses beberapa waktu lalu, namun kala itu hanya membahas menulis di Mac dan MacBook saja. (Baca: Review Ulysses, Aplikasi Terbaik untuk Menulis)

Kali ini review dilakukan di perangkat iOS, sehingga kamu bisa membaca review bagaimana rasanya menulis dan blogging dengan mudah di perangkat iPhone dan iPad. Untuk perangkat iOS sendiri, memang lebih nyaman untuk blogging dengan iPad ketimbang iPhone, karena layar yang lebih besar dan kemudahan aksesoris seperti keyboard eksternal.

Aplikasi yang digunakan untuk menulis dan blogging kali ini adalah Ulysses for iOS. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di App Store. Namun versi penuh bisa kamu beli secara in-app purchase dengan biaya berlangganan 55 ribu per bulan, atau kamu bisa dapatkan juga melalui Setapp. Saya sendiri menggunakan metode berlangganan Setapp di Mac yang kemudian langganan tersebut ikut tersinkron dengan Ulysses di iPad dan iPhone.

Baca Juga:

Nah seperti apa sih enaknya blogging dengan menggunakan iPad? Yuk simak reviewnya di sini

 

Aplikasi Ulysses

Aplikasi Ulysses di iOS ini sendiri bisa dibilang sangat sederhana, namun tetap bisa diandalkan untuk menulis. Entah itu blogging, menulis buku, novel dan sebagainya.

Kita mulai dari tampilannya dulu, Ulysses punya tampilan yang sangat simpel dan tidak ribet. Berbeda dengan tool menulis kompleks seperti Microsoft Word, di Ulysses sendiri bisa benar-benar hanya ada fitur yang mendukung untuk menulis saja.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Sebut saja fitur “Goal” yang bisa membuat kamu aware terhadap target tulisan. Misalnya minimal dalam satu tulisan ada berapa kata, berapa karakter, dan lain sebagainya. Kamu bisa atur dengan mudah sehingga tidak lupa dengan target tulisan yang hendak kamu tulis.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Kamu bisa memilih mode markup yang akan kamu gunakan sebagai markup di aplikasi Ulysses ini. Ada mode markup Markdown, Markdown XL, Textile’d, dan Minimark. Secara default, Markdown XL yang digunakan karena memang mode markup ini yang paling populer di kalangan para penulis.

Kamu bisa atur setiap sheet atau tulisan tersebut dengan beragam atribut lain, seperti keyword, catatan dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa mencari tulisan kamu dengan berdasarkan keyword yang tentu saja lebih cepat dan mudah.

Untuk kamu yang menulis dengan serius, pengaturan dan manajemen yang ada di Ulysses ini bisa dibilang sangat bagus. Kamu bisa membuat satu grup sebagai sebuah project buku atau novel, dan setiap sheet sebagai chapter-chapter yang ada di dalam buku milikmu.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Pengelompokkan tersebut juga sangat mudah dan sederhana. Sehingga untuk kamu yang memang tidak mau dibuat pusing oleh tool atau aplikasi yang ribet, Ulysses ini adalah aplikasi yang sempurna. Kamu benar-benar cukup fokus pada apa yang ingin kamu tulis, daripada buang-buang waktu untuk memperlajari tool atau aplikasi yang akan kamu gunakan.

Yang terakhir mungkin adalah fitur export. Kamu mungkin tidak akan bisa langsung melihat hasil dari tulisan yang sedang kamu tulis karena menggunakan format Markdown, namun kamu tetap bisa melakukan export ke berbagai format seperti HTML, ePub, PDF, Doc, dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Fitur iCloud Sync memungkinkan kamu untuk terus bisa menulis di semua perangkat. Mulai dari perangkat Mac hingga iPad, iPhone dan iPod Touch semua bisa. Kamu juga tidak perlu melakukan pengaturan apapun, karena semua sinkronisasi ini sudah aktif secara otomatis.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung upload dan publish hasil tulisanmu ke blog. Bisa berupa web dengan CMS WordPress, blog di Medium, dan lain sebagainya. Semua bisa kamu lakukan secara cepat dan mudah.

 

Blogging dengan iPad

Meskipun dengan menggunakan aplikasi yang keren, namun blogging di iPad dan iPhone punya sensasi dan tantangan tersendiri. Apalagi kalau bukan karena fakta bahwa iPad adalah perangkat mobile, bukan perangkat desktop seperti PC dan laptop.

Pertama tentu saja ketersediaan keyboard. Ya, iPad tidak menyediakan keyboard yang seperti di laptop. Beruntung bagi pengguna iPad Pro yang bisa beli Smart Keyboard yang super keren itu, pengguna iPad lain harus pakai keyboard eksternal lain. Saya menggunakan Apple Magic Keyboard yang biasa dipakai di Mac desktop.

Cara Mudah Blogging di iPhone dan iPad Dengan Ulysses

Kendala kedua adalah sistem operasi iOS di perangkat iPad itu sendiri. Kamu tidak akan bisa dengan mudah berinteraksi dengan beragam aplikasi secepat dan senyaman ketika menggunakan desktop. Misalnya saja memasukkan gambar, kalau di iPad kamu harus selalu mengakses gambar dengan cara mengimpor dari Photos. Tidak bisa asal drag and drop dari Finder atau Explorer, apalagi dari desktop.

Meskipun begitu, kelebihan blogging di iPad ini adalah karena bentuk iPad yang ringan dan kompak. Selama kamu nyaman dengan menggunakan keyboard virtual iOS di iPad, kamu bisa blogging dengan nyaman di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu online, kamu bisa blogging offline di iPad dan bahkan iPhone sekalipun.

 

Kesimpulan

Menulis dan blogging di iOS, khususnya iPad sebenarnya bukan hal yang sulit. Sekarang sudah ada banyak tool dan aplikasi penunjang. Salah satu yang saya suka adalah Ulysses yang sedang saya gunakan ini.

Tantangan menulis di iPad tentu saja dari perangkat itu sendiri. iPad memang bukan perangkat dengan OS desktop seperti OS X atau macOS, sehingga tidak sefleksibel waktu blogging melalui Mac.

Bagaimana, sudah mencoba blogging di iPhone / iPad menggunakan Ulysses? Bagikan pengalaman kamu disini

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode