Home iPad Apakah iPhone dan iPad Tidak Bisa Kena Virus?

Apakah iPhone dan iPad Tidak Bisa Kena Virus?

Apakah iPhone dan iPad Tidak Bisa Kena Virus?

Sistem operasi iOS memang tergolong lebih aman dari serangan program jahat seperti virus. Beragam malware lebih banyak menyerang sistem operasi populer seperti Android. Namun apakah benar perangkat iOS seperti iPhone dan iPad tidak bisa kena virus?

Virus merupakan salah satu program jahat yang memang sengaja diciptakan untuk menyerang suatu sistem. Sebagai contoh, virus yang paling populer tentu saja virus PC Windows, yang menyerang komputer atau laptop Windows.

Baca Juga:

Untuk perangkat mobile, ada sistem operasi Android dan iOS. Apakah memang benar iPhone dan iPad yang notabene menggunakan iOS lebih aman dari Android?

 

iPhone Hanya Bisa Diserang Dengan Virus iOS

Meskipun banyak sekali virus yang menyerang perangkat mobile, namun hanya virus iOS saja yang bisa menyerang perangkat iOS. Ya, iPhone dan iPad tidak akan bisa diserang oleh virus lain, semisal virus Android atau virus Windows Phone (jika masih ada).

Ambil contoh adalah aplikasi perangkat iOS dan Android. Aplikasi untuk sistem operasi Android memiliki ekstensi .APK yang tentu saja tidak bisa diinstall di iOS. Begitu juga dengan aplikasi iOS tidak bisa diinstall di smartphone dan tablet Android.

Hal yang sama juga berlaku untuk virus dan malware. Program jahat tersebut hanya menyerang satu sistem saja. Jika virus tersebut harus menyerang lebih dari satu sistem, sang pembuat malware harus membuat versi virus tersendiri untuk masing-masing sistem operasi.

 

Jumlah Virus iOS Sedikit

Untungnya, jumlah virus yang menyerang iOS itu jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah virus yang menyerang platform lain, semisal Android. Tentu ini menguntungkan pengguna iOS yang membuatnya lebih aman dari kemungkinan serangan.

Sang pembuat virus tentu membutuhkan waktu, usaha, dan tenaga untuk bisa membuat suatu virus. Tujuannya untuk menyerang adalah agar mendapatkan keuntungan. Jadi ketimbang memaksa menyerang iOS yang penggunanya lebih sedikit, lebih baik menciptakan virus di sistem yang penggunanya lebih banyak.

 

Jadi, iPhone Bisa Kena Virus?

Tentu saja perangkat iOS semisal iPhone dan iPad tetap bisa kena virus. Hanya saja, jika yang dimaksud adalah kena virus non-iOS, seperti virus Android atau virus Windows, maka tentu saja jawabannya tidak bisa. iPhone dan iPad hanya bisa kena virus iOS saja.

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong