Home Editorial Dapat Peringatan Malware, Ciri iPhone Kena Virus?

Dapat Peringatan Malware, Ciri iPhone Kena Virus?

Dapat Peringatan Malware, Ciri iPhone Kena Virus?

Ketika kamu browsing dengan menggunakan Safari for iOS atau browser pihak ketiga di iPhone dan iPad, terkadang muncul popup peringatan bahwa perangkat iPhone atau iPad kena virus. Kadang malah ada yang mengatakan bahwa virus iOS sudah menyerang iPhone atau iPad. Benarkah?

Bahkan jika kamu buka link tersebut di web browser yang ada di PC atau laptop, kamu tetap akan mendapatkan peringatan bahwa perangkat telah terinfeksi virus. Benarkah ini adalah salah satu cari ciri-ciri iPhone kena virus?

Baca Juga:

 

Hati-Hati, Jangan Percaya

Jika kamu mendapatkan pesan peringatan iPhone kena virus ketika kamu sedang mengunjungi suatu halaman web, maka bisa dipastikan bahwa peringatan tersebut tidak benar, alias penipuan.

Sang pembuat pesan peringatan popup yang mengatakan bahwa iPhone atau iPad kena virus ini bisa membuat pesan yang sangat meyakinkan bahwa ini adalah tanda-tanda dan ciri iPhone yang kena virus.

Dapat Peringatan Malware, Ciri iPhone Kena Virus?

Dia bisa membuat pesan peringatan dengan pesan popup dan bahkan suara untuk menakut-nakuti pengguna iPhone atau iPad bahwa perangkat mereka kena infeksi virus.

Bahkan ada yang dengan sangat detail membuat halaman web yang mirip dengan halaman Apple Support. Kamu kadang disuruh untuk login untuk mengecek apakah iPhone kena virus atau tidak.

 

Jangan Bagikan Informasi Apapun

Sekali lagi, jangan pernah mau login atau membagikan informasi kamu ketika kamu mendapatkan peringatan virus seperti ini. Inilah awal dari semua masalah. Ketika sang pembuat pesan virus palsu ini mendapatkan informasi berupa Apple ID dan password, mereka bisa berbuat jahat.

Sama seperti beberapa kasus perangkat iOS yang kena lost mode secara mendadak, atau Mac dan MacBook yang tiba-tiba mengalami EFI Lock. Itu semua adalah kerjaan sang pelaku yang berhasil mendapatkan username Apple ID dan password milikmu.

 

Apakah iPhone Bisa Kena Virus

Tidak ada sistem yang benar-benar aman. Bukan cuma sistem operasi iOS saja, tapi bahkan Mac OS X atau macOS, hingga Linux juga bisa berpotensi kena virus dan malware, meskipun tidak pernah mudah untuk masuk dan menyerang sistem operasi tersebut.

Jika dikaitkan dengan pesan peringatan yang muncul ketika kamu browsing tersebut yang mengatakan bahwa iPhone atau iPad kena virus, maka hal tersebut tidak benar. Tidak ada halaman web yang bisa mengecek virus yang mengifeksi sistem komputer client.

Bagaimana? Sudah paham kan?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode