Home Mac 10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Komputer kena virus atau malware jahat hal biasa, khususnya kepada mereka pengguna Windows. Namun bukan berarti komputer Mac dan juga MacBook yang menggunakan OS X atau macOS terbaru juga tidak bisa kena virus. Semua sistem operasi pasti bisa terinfeksi virus.

Agar tidak terkena virus dan malware, perlu dilakukan beragam langkah pencegahan. Ya, mencegah jelas lebih baik daripada mengobati. Daripada repot-repot memperbaiki, lebih baik bersusah-payah mencegah sebelum semua terjadi.

Secara umum, Mac OS X atau macOS memang lebih jarang terkena virus. Hal ini sebenarnya karena pembuat virus untuk Mac lebih sedikit. Mereka lebih suka membuat virus untuk Windows.

Baca Juga:

Namun bukan berarti pengguna Mac dan MacBook merasa sombong karena jarang terkena virus. Selagi belum ada virus, lebih baik kamu bisa berhati-hati sembari mencoba beberapa tips cara mencegah Mac agar tidak terkena virus ini.

 

Update Sistem Operasi dan Software di Mac dan MacBook

Apple selalu memberikan update atau pembaruan beragam software, mulai dari aplikasi bawaan, patch security, hingga update seluruh sistem operasi Mac. Sangat disarankan untuk terus menggunakan sistem operasi Mac yang terbaru.

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Kamu bisa langsung buka App Store dan langsung buka tab Updates untuk bisa melihat semua aplikasi dan software yang butuh update. Sangat disarankan untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac dan MacBook kamu.

 

Update Semua Software dan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain software dan aplikasi bawaan Apple atau dari App Store, kamu tentu saja install software dari pihak ketiga. Tentu saja kamu bisa update aplikasi dan software tersebut, namun caranya mungkin berbeda di setiap aplikasi.

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Beberapa aplikasi memungkinkan kamu untuk melakukan update ke versi terbaru ketika versi baru sudah siap untuk diunduh dan sudah disebarkan. Sangat disarankan juga untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac kamu, termasuk software pihak ketiga.

 

Hati-hati Browsing Internet

Siapa bilang Mac kebal terhadap serangan dari dunia maya. Jangan pernah  mencoba untuk mengunjungi situs web yang tidak terpercaya. Bahkan terkadang browser kita cukup cerdas untuk menentukan apakah halaman situs web tersebut cukup aman atau tidak.

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Jika muncul peringatan situs web tidak aman, lebih baik jangan ambil risiko. Langsung saja ditinggalkan situs web tersebut. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, benar kan?

 

Download File dari Sumber Terpercaya

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau saat ini beredar banyak sekali situs download yang tidak resmi. Mulai dari file lagu, film, hingga software dan aplikasi. Semua yang ada di sana bisa kamu download secara gratis.

Bahkan file media seperti musik dan lagu saja bisa mengandung program jahat. Tentu saja file tersebut jika kamu download dari situs yang tidak resmi dan tidak jelas keamanannya. Oleh karena itu, lebih baik dapatkan segala sesuatu dari sumbernya langsung.

 

Install Software Original dan Terpercaya

Kamu mau install aplikasi atau software? Sangat disarankan untuk selalu menggunakan software yang asli dan original. Jangan pernah menggunakan software bajakan karena sangat mungkin program tersebut sudah disusupi kode berbahaya lainnya.

Bahkan untuk software yang memang gratis sekalipun, kamu harus tetap mendapatkannya dari sumbernya langsung. Jangan pernah download dan install software dari sumber yang tidak bisa dipercara. Intinya sih, selalu gunakan software asli dan dapatkan dari sumbernya langsung yang jelas lebih terpercaya.

 

Jangan Instal Plugin Tidak Jelas

Pengguna beberapa browser memungkinkan untuk bisa install plugin atau adds-on sebagai sebuah tambahan fitur. Ya, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan kegunaan dari sebuah browser lebih dari sebelumnya.

Sama seperti software, sebuah plugin juga harus kamu download dari sumber yang terpercaya. Jika kamu menemukan plugin dari sumber yang tidak bisa dipercaya, lebih baik tinggalkan.

 

Tinggalkan Flash

Apple memang pernah menganggap Flash rentan terhadap serangan virus dan malware jahat lainnya. Selain itu, secara teknologi juga Flash tertinggal sehingga sudah semakin ditinggalkan oleh para pembuat konten multimedia.

Saat ini sudah tidak masalah lagi jika kita benar-benar meninggalkan Flash. Jadi jika browser kamu punya opsi untuk mematikan Flash, langsung saja kamu matikan dan kamu bisa browsing dengan tenang.

 

Atur Keamanan Aplikasi di Pengaturan Mac

Install aplikasi Mac memang bisa dari mana saja. Bisa dari App Store atau juga bisa dari sumber lain dari Internet. Nah, masalahnya adalah tidak semua berasal dari developer yang terpercaya.

Kamu bisa atur ke Setting – Security&Privacy lalu klik tab General dari dalam preferensi pengaturan di Mac. Atur aplikasi yang diizinkan hanya dari Mac App Store dan juga pengembang terpercaya saja.

 

Install Anti Virus Mac

Cara paling mudah untuk mencegah virus dan malware menyerang Mac dan MacBook kita adalah dengan install software Antivirus. Program ini akan mencegah semua virus dan malware jahat menginfeksi sistem operasi kita.

Kamu bisa memilih banyak sekali pilihan antivirus untuk Mac. Kamu bisa baca selengkapnya di sini. Baca: Kumpulan Antivirus Terbaik untuk Mac dan MacBook.

 

Update Informasi dan Pengetahuan Kamu

Virus baru muncul setiap hari, sehingga kamu juga tetap harus up-to-date dengan beragam informasi mengenai beragam virus. MacPoin akan terus memberikan update informasi mengenai beragam virus dan malware yang menyerang Mac.

Pastikan kamu terus  kunjungi MacPoin setiap hari ya, agar informasi dan pengetahuan kamu terus meningkat. Jangan lupa juga follow akun Twitter kita untuk bertanya-tanya secara langsung.

Bagaimana? Sudah coba semua tips dan trik di atas?

Share artikel ini sebanyak-banyaknya ya agar tidak ada lagi pengguna Mac dan MacBook yang kena virus dan malware jahat lagi.

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode