Home Mac Ada Malware Mac yang Mencuri Data di Aplikasi HandBrake

Ada Malware Mac yang Mencuri Data di Aplikasi HandBrake

Ada Malware Mac yang Mencuri Data di Aplikasi Handbrake

Baru juga beberapa saat yang lalu heboh dengan malware Ransomware WannaCry yang menginfeksi banyak sekali komputer di seluruh dunia. Kali ini ada virus atau malware baru yang siap menginfeksi dan menyerang Mac dan MacBook kamu.

Malware tersebut diketahui ada di dalam aplikasi konverter video untuk Mac OS X atau macOS yang bernama Handbrake. Siapa sangka bahwa di dalam aplikasi gratis dan open source ini bisa mengandung malware dan program jahat juga.

Tim developer aplikasi Handbrake for Mac ini sudah menjelaskan bahwa pengguna Mac yang download aplikasi Handbrake dari antara 2 Mei hingga 7 Mei 2017 mungkin jadi korban malware ini dan sudah menginfeksi Mac dan MacBook mereka.

Malware tersebut akan mencuri data pengguna dan membuat sang pembuat virus untuk bisa mengetahui beragam aktivitas pengguna yang ada di dalam komputer yang terinfeksi virus ini.

Untuk mengetahui apakah Mac dan MacBook sudah terkena dan terinfeksi atau belum, buka Activity Monitor di Mac lalu cari ‘activity_agent’ dalam tab CPU. Jika tidak menemukan nama process tersebut, berarti Mac kamu aman dari Handbrake Malware.

Untuk menghapus Handbrake Malware ini, kamu harus menjalankan 3 perintah dari Terminal berikut ini:

  • launchctl unload ~/Library/LaunchAgents/fr.handbrake.activity_agent.plist
  • rm -rf ~/Library/RenderFiles/activity_agent.app
  • Jika ~/Library/VideoFrameworks/ memiliki dokumen proton.zip, langsung saja hapus folder tersebut.

Terbukti bahwa memang tidak ada komputer ataupun sistem operasi yang bisa bebas dan kebal dari virus. Bahkan Mac yang terkenal jauh lebih aman dari Windows saja juga tetap bisa kena virus.

Bagaimana? Mac kamu aman dari malware Handbrake ini?

Share pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga 😀

via HandBrake

  Cara Upgrade iPhone ke iOS 11 Final  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong