Home Mac Review: 10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Review: 10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Jika kemarin sudah dijelaskan bagaimana cara upgrade Mac ke macOS High Sierra, kali ini MacPoin akan mengulas 10 fitur baru macOS high sierra yang menarik untuk kamu coba. Apa saja fitur baru yang menarik untuk dicoba di macOS High Sierra? Ini dia review macOS High Sierra selengkapnya.

1. Sensasi Kecepatan APFS

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru pertama yang perlu kamu coba adalah melakukan duplicate ataupun copy paste file dan folder, melihat ukuran folder, dan merasakan sensasi kecepatan file system Mac terbaru, APFS.

macOS High Sierra kini menggunakan Apple File System atau APFS untuk menggantikan file system lama HFS+. Sebelumnya HFS+ merupakan file system default di Mac, tetapi kini umurnya sudah menginjak hampir 20 tahun, dan APFS ini menggantikan dengan optimasi untuk teknologi Mac di masa kini.

APFS dibuat berdasarkan arsitektur 64-bit, teroptimasi untuk SSD, serta dilengkapi dengan berbagai fitur seperti built-in encryption dan crash-safe protection.

Semua lini Mac yang menggunakan SSD bakal otomatis dibawa ke APFS saat upgrade high sierra, sedangkan untuk hardisk konvensional atau SSD pihak ketiga bisa kamu convert secara manual melalui disk utility.

Caranya kamu tinggal buka Disk Utility > pilih disk > klik kanan > dan pilih convert to APFS.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Satu catatan penting, untuk saat ini APFS belum support Fusion Drive, dan Apple belum memberikan penjelasan kapan APFS bakal mendukung fusion drive ini.

2. Keheningan Safari

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru kedua yang perlu kamu coba ada di dalam Safari. Browsing menggunakan Safari kini jadi lebih nyaman dengan adanya blocker untuk konten autoplay. Seperti yang kamu tahu saat ini banyak website yang menyertakan video atau audio yang otomatis dimainkan saat halaman dibuka.

Seringkali ini sangat mengganggu karena bikin kita kaget, tetapi di Safari terbaru, browsing jadi lebih tenang tanpa adanya konten yang berjalan otomatis.

Fitur lain di Safari yang perlu kamu coba adalah personalisasi di masing-masing website. Kamu tinggal tekan control dan klik URL di Address Bar, masuk ke Settings for this website

Disini kamu bisa atur untuk otomatis masuk ke reader mode, mengaktifkan content blocker, mengatur besarnya zoom, autoplay blocker, dan sebagainya. Pengaturan ini akan diingat terus oleh Safari, sehingga ketika kamu mengunjungi website tersebut di kemudian hari, halaman akan dibuka sesuai dengan pengaturan yang kamu tentukan sebelumnya.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Safari kini juga dilengkapi dengan intelligent tracking prevention untuk menghentikan cross-site tracking dari pengiklan atau pihak lain, sehingga jejak aktivitas browsing kamu tidak diikuti oleh pihak tertentu. Biasanya, tanpa fitur ini, saat kamu browsing tentang sepatu misalnya, maka kemanapun kamu browsing bakal terus diikuti oleh iklan yang berbau sepatu. Dengan fitur ini, hal itu bisa dihindari.

3. Pro Editor di Photos

Fitur ketiga yang perlu kamu coba ada didalam aplikasi Photos. Di High Sierra, Apple merombak aplikasi Photos dan menanamkan beberapa fitur baru. Selain panel sidebar yang memudahkan navigasi, tool foto editing juga dibuat lebih powerful. Kamu bisa mencoba edit foto dengan aplikasi Photos. Cukup pilih foto > double klik > dan tekan Edit.

Di sidebar kanan kamu akan mendapati berbagai opsi adjustment, yang bisa kamu atur sesuai keinginan, mulai dari pencahayaan, warna, curve, dsb.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Kamu juga perlu mencoba efek baru dari live photos yang persis seperti di iOS 11, yaitu Loop, Bounce, dan Long exposure. Menariknya, di aplikasi Photos kamu bisa menentukan frame mana yang ingin dijadikan sebagai tampilan utama dari live foto.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

dan satu lagi nih gaes, kamu perlu mencoba menu filter untuk menemukan foto yang kamu inginkan diantara banyak foto lainnya. Kamu bisa melakukan filter berdasarkan foto favorit, edited, atau menggunakan keyword.

Untuk menggunakan keyword filter buka saja Keyword manager > tekan Edit keyword > dan masukkan daftar keyword yang kamu inginkan.

Setelah itu drag & drop keyword ke Quick Group, dan ketika window Keyword manager masih terbuka, pilih foto, bisa langsung banyak sekaligus, dan tekan tombol shortcut keyword untuk menambahkan keyword ke foto dengan cepat.

Kini di menu filter, kamu bisa memunculkan foto berdasarkan keyword yang kamu inginkan.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

4. Kemudahan Mail

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru keempat yang perlu kamu coba ada didalam aplikasi Mail. Kini jika Mail kamu buka secara full screen, new messages bakal terbuka secara split view. Artinya kamu bisa lebih mudah dalam menulis atau membalas email dengan tetap membaca email-email sebelumnya. Kamu bahkan bisa drag and drop berbagai isi email seperti link dan foto, ke email baru yang sedang kamu tulis.

Selain itu kamu bisa mencoba fitur pencarian di Mail, yang kini berlangsung lebih cepat dan akurat dari sebelumnya.

5. Kolaborasi di iCloud Drive

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru kelima yang perlu kamu coba ada di dalam iCloud Drive. Kini kamu bisa kolaborasi mengerjakan file yang sama dengan orang lain, hanya dengan menggunakan menu Share > dan klik Add People. Lalu kirimkan invite melalui email, messages, atau sosial media.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Selanjutnya kamu dan rekan yang kamu invite bisa mengedit dan mengerjakan file tersebut bersama-sama.

6. Ambil Live Foto Saat Facetime

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru keenam yang perlu kamu coba adalah mengambil live photos saat melakukan facetime. Kamu tinggal tekan aja tombol shutter dan live photo lawan bicara kamu bakal langsung tersimpan di aplikasi Photos.

Bagi kamu yang diambil foto nya jangan khawatir, karena ada notifikasi saat lawan bicara kamu mengambil foto.

7. Pin & Bikin Tabel di Notes

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru ketujuh yang perlu kamu coba ada didalam aplikasi Notes. Di high sierra Notes mendapatkan dua fitur baru yaitu Pin dan custom table.

Swipe note ke kanan dan tekan icon Pin untuk membuatnya selalu berada di deretan teratas, yang bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan berbagai macam note penting yang kamu miliki.

Di dalam note editor, klik icon custom table untuk membuat tabel. Kamu akan mendapatkan tabel dengan 2 baris dan dua kolom, klik marker yang ada di atas atau di samping untuk menambah atau mengurangi baris dan kolom. atau cukup tekan enter untuk menambah baris sesuai keperluan.

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Kamu juga tinggal drag & drop untuk memindahkan posisi baris dan kolom.

8. iCloud Storage Sharing

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru kedelapan yang perlu kamu coba adalah berbagi storage icloud dengan keluarga. Seperti yang kamu tahu bahwa icloud punya fitur family sharing untuk berbagi aplikasi, musik, ebook, dan berbagai konten lain yang sudah dibeli di Store.

Tapi di High Sierra, ada satu lagi fitur tambahan di family sharing yaitu berbagi icloud storage dengan keluarga. Jadi setiap anggota keluarga kini bisa menggunakan kuota dari storage plan yang sama. Untuk mengaturnya kamu tinggal buka iCloud di System Preferences > klik Manage family (atau set up family jika belum pernah menggunakan family sharing sebelumnya) > lalu pada tab App & Service > pilih iCloud Storage > dan tekan start sharing. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia bagi pelanggan iCloud dengan plan 200GB.

9. Mainkan Video H.265

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Fitur baru kesembilan yang perlu kamu coba adalah memainkan video dengan kompresi HEVC atau High Efficiency Video Codec. video HEVC ini memiliki ukuran file hingga 40% lebih kecil dengan kualitas gambar yang sama, dan macOS High Sierra kini telah mendukung standard video baru tersebut.

Dengan ukuran file lebih kecil dan kualitas video tetap bagus, HEVC membuat proses streaming berjalan lebih mulus, tidak boros storage saat disimpan, serta memungkinkan kamu bisa streaming dengan lebih hemat kuota internet.

Berbagai sample video HEVC bisa kamu lihat disini.

Fitur lain

10 Fitur Baru macOS High Sierra yang Perlu Kamu Coba

Dan yang terakhir, kamu bisa eksplorasi berbagai hal baru lain di macOS high sierra seperti suara Siri yang lebih natural dari sebelumnya, spotlight yang kini menggunakan Google sebagai default search nya, serta melihat-lihat berbagai perubahan minor seperti desain icon baru dsb.

Nah itulah dia gaes 10 fitur baru di macOS high sierra yang perlu kamu coba. Bagi kamu yang lebih suka melihat review versi video, kamu bisa melihatnya disini:

Pastikan kamu subscribe channel kepoin tekno, karena disini ada berbagai info menarik seputar teknologi, setiap hari — termasuk video seri Kepoin-Mac dari MacPoin.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.