Home Editorial 9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Acara Apple Special Event pada tanggal 12 September 2017 sudah selesai, dan Apple resmi mengumumkan iPhone 8 dan iPhone X sebagai iPhone terbaru yang siap menggempur pasar smartphone.

iPhone 8 dan iPhone X adalah dua smartphone Apple terbaru, jika kita menyatukan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam satu bahasan. Kedua iPhone terbaru ini memiliki perbedaan besar yang harus kamu ketahui.

Baca Juga:

Tidak seperti perilisan iPhone versi reguler dengan iPhone versi Plus seperti iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, versi iPhone X ini merupakan iPhone spesial untuk memperingati ulang tahun iPhone ke-10.

Dengan waktu pengenalan yang bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, tentu saja mungkin akan membuat orang bingung, seperti apa perbedaan iPhone 8 dan iPhone X tersebut.

Paling tidak ada sekitar 9 perbedaan iPhone 9 dengan iPhone X yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah selengkapnya.

 

Desain

Perbedaan paling jelas terletak pada desain iPhone 8 dan iPhone X. iPhone 8 adalah edisi reguler yang merupakan kelanjutan dari iPhone sebelumnya. Berbeda dengan iPhone X yang merupakan iPhone edisi spesial yang berbeda dari semua iPhone yang pernah ada.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

iPhone X tidak lagi menggunakan tombol Home, lebar layar yang besar hingga mencapai 5.8 Inch, dan lain sebagainya. IPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih mengusung desain yang sangat mirip dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

 

User Experience

Karena tidak menggunakan tombol Home, tentu saja akan menghasilkan user experience yang berbeda pula dengan iPhone lain yang menggunakan tombol Home. Segala hal yang berhubungan dengan tombol Home akan didesain ulang.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Seperti cara untuk kembali ke halaman start screen, kamu bisa melakukannya dengan melakukan swipe dari bawah ke atas. Untuk beralih antar aplikasi, kamu bisa swipe dari bawah ke atas lalu tahan beberapa saat, dan lain sebagainya.

 

Layar

Layar yang digunakan di iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus ini tidak jauh berbeda dengan layar yang ada di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Baik dari segi bahan, bentuk, hingga kualitas tidak ada perbedaan mencolok.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Berbeda dengan iPhone X yang mengusung bentuk dan desain layar yang baru hingga teknologi layar yang baru. Kali ini, Apple menggunakan layar OLED dengan balutan teknologi Super Retina Display, yang diklaim punya kualitas terbaik di antara semua layar smartphone OLED yang pernah ada.

 

Kamera

Kamera iPhone 8 Plus dan iPhone X memang mengusung teknologi yang tidak jauh berbeda. Yang paling terlihat jelas adalah desain dual kamera iPhone 8 Plus disusun horizontal seperti iPhone 7 Plus, sedangkan iPhone X disusun vertikal.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Selain itu, kamera iPhone X juga sudah menggunakan dual Optical Image Stabilization. Itu artinya, kedua kamera iPhone X sudah mendukung OIS, sedangkan iPhone 8 Plus hanya kamera wide angle saja yang mendukung OIS.

 

Face ID

iPhone X mengusung desain bezeless dan tanpa tombol Home, Apple pun memilih untuk menciptakan teknologi pengganti Touch ID yang cocok untuk iPhone X. Apple lalu mengembangkan Face ID.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan pemindaian wajah dari sang pengguna iPhone X. Untuk mendukung kinerja, Apple menggunakan teknologi baru bernama TrueDepth yang terdiri kamera depan dan sejumlah sensor canggih.

 

Animoji

Bosan dengan animasi yang seperti itu-itu saja? Di iPhone X kamu bisa memanfaatkan animasi emoji untuk bisa menghasilkan emoji dengan efek gerak dan suara yang unik. Apple memberikan nama Animoji.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

Kemampuan Animoji di iPhone X juga berkat dari fitur TrueDepth yang mampu membaca dan menganalisis lebih dari 50 gerakan wajah. Dengan fitur ini, pengguna bisa memindai wajahnya dan diubah menjadi animoji. Animoji dapat kamu kirim melalui iMessage.

 

Warna

Ketersediaan warna di iPhone 8 dan iPhone X ternyata sedikit berbeda. Ya, iPhone 8 memiliki model warna silver, space gray, dan juga gold. Sedangkan iPhone X hanya tersedia dalam warna silver dan space gray saja.

9 Perbedaan Besar Antara iPhone 8 dan iPhone X

 

Harga

IPhone 8 dijual dengan harga mulai dari $699, dan iPhone 8 Plus dijual mula dari harga $799. IPhone X tentu saja lebih mahal dari itu. Ya, kamu bisa membeli iPhone X mulai dari harga $999. Bagaimana? Mantap kan?

Bagaimana? Kamu melihat ada perbedaan lain antara iPhone 8 dan iPhone X?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode