Home Editorial 9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru iPhone 8

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru iPhone 8

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Apple sudah memperkenalkan iPhone 8 di dalam Special Event tanggal 12 September 2017 yang lalu. Sudah tidak ada lagi spekulasi dan rumor-rumor aneh karena sekarang semua sudah resmi diperlihatkan ke publik.

Tidak semua orang bisa nonton streaming kemarin. Jadi pasti masih ada yang penasaran, apa saja fitur baru iPhone 8 beserta semua kelebihan dan keunggulannya dibandingkan dengan iPhone sebelumnya?

Baca Juga:

Kali ini MacPoin merangkum setidaknya ada 9 fitur baru iPhone 8 yang membuat iPhone ini unggul di antara semua iPhone yang pernah ada. Apa saja keunggulan tersebut?

 

A11 Bionic

Update otak iPhone yang satu ini memang selalu ditunggu-tunggu. Ya, kali ini masih mengusung penamaan yang urut, dari sebelumnya yang menggunakan nama A10 Fusion. Kali ini menyematkan nama A11 Bionic sebagai otak baru di iPhone 8. Lalu apa kelebihan dari A11 Bionic ini?

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Kelebihan pertama dan yang utama adalah fitur dari prosesor tersebut. Kini selain mendukung 6 core, ada juga dukungan fitur Augmented Reality yang lebih baik dari sebelumnya.

Keunggulan kedua adalah adanya peningkatan performa dari prosesor terdahulu, A10 Fusion. Kali ini, Apple mengklaim kinerja hingga 70% dari A10 Fusion. Bisa dibayangkan kan betapa cepatnya, apalagi dibandingkan dengan prosesor iPhone yang lebih lawas.

 

GPU Apple

GPU yang ada di iPhone 8 ini juga mengalami peningkatan. Kali ini, Apple mengklaim 30% lebih cepat dari sebelumnya. Bukan cuma lebih cepat saja, Apple juga menyematkan fitur lain.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Dukungan Metal 2 dan Core ML juga menjadi keunggulan GPU iPhone 8 yang satu ini. Tentu tidak ketinggalan pula, dukungan AR yang baru di iPhone 8 juga berkat kontribusi dari GPU baru ini.

 

Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality di iPhone 8 ini sepertinya mulai diseriusi oleh Apple. Tidak heran juga karena sebelumnya, Apple sudah fokus di iOS 11 untuk masalah teknologi AR dalam bentuk framework ARKit.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Kali ini, Apple ingin fokus ke hardware untuk dukungan AR. Semua iPhone dengan chip A9 dan yang lebih baru bisa menggunakan ARKit, seperti iPhone 6S, iPhone SE, dan iPhone 7, namun iPhone 8 ini Apple baru benar-benar fokus dalam pengembangan hardware maupun software AR.

 

Desain Kaca

Kamu penyuka desain cantik dari setiap produk Apple? Mungkin inilah salah satu kelebihan dan keunggulan utama iPhone 8. Ya, ini adalah pertama kali Apple menyematkan desain kaca ke produk iPhone miliknya.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Desain kaca ini memungkinkan iPhone memiliki permukaan yang lebih mengkilap. Jika kamu sebelumnya terkesima dengan desain kaca dari smartphone lain, kamu pasti juga akan terkesima dengan desain kaca garapan Apple di iPhone 8 yang satu ini.

 

Retina HD Display + TrueTone

Untuk kamu penikmat layar dengan kualitas tinggi, iPhone 8 punya keunggulan di dalam bidang ini. Selain karena fitur canggih 3D Touch, kamu juga akan mendapatkan peningkatan Retina HD Display.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Apple mengklaim kualitas layar kali ini jauh lebih tajam, lebih jernih, dan lebih terang dari sebelumnya. Bukan cuma itu, keakuratan warna juga akan lebih baik berkat dukungan teknologi Apple yang bernama True Tone.

 

Portrait Lightning

Kamu suka bermain-main dengan kamera untuk memotret wajah? Kali ini, iPhone hadir dengan fitur baru yang bernama Portrait Lightning yang bisa membantu kamu untuk memberikan sentuhan pencahayaan buatan.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Fitur ini membuat kamu bisa memilih pencahayaan yang tepat, sehingga hasil foto wajah akan terlihat lebih menarik, namun tetap natural karena efek ini memerlukan teknologi facial landmarking dan dual kamera.

 

 

Wireless Charging dan Fast Charging

Fitur yang paling ditunggu-tunggu ini akhirnya tiba juga. Ya, iPhone 8 akan hadir dengan fitur wireless charging yang membuat kamu bisa melakukan pengisian baterai secara nirkabel alias tanpa kabel.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Teknologi Fast Charging juga memungkinkan kamu untuk mengisi baterai iPhone 8 lebih cepat daripada pengisian wireless pada umumnya. Jadi meskipun tanpa kabel, kamu tidak perlu khawatir proses pengisian lambat.

 

Anti Air dan Anti Debu

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Bermain-main dengan iPhone 8 di bawah guyuran air hujan? Jangan takut karena iPhone 8 ini tahan air. Jadi kamu tidak perlu khawatir rusak karena terkena air. Sertifikat yang dimiliki iPhone 8 juga sama seperti iPhone 7.

 

iOS 11

iPhone 8 akan menjadi smartphone yang secara bawaan akan sudah mengusung iOS 11. Itu artinya, iPhone 8 memang sudah dioptimalkan secara sempurna agar bisa bekerja dengan seluruh fitur baru dan teknologi di iOS 11.

9 Keunggulan Utama dan Fitur Baru dari iPhone 8

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena iPhone 5S dan yang lebih baru juga sudah mendukung update baru iOS 11 meskipun tidak mendukung semua fiturnya, seperti ARKit yang membutuhkan hardware khusus.

Bagaimana? Fitur baru iPhone 8 apa saja yang menjadi favoritmu?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong