Home Mac 11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac
via Apple

Aplikasi atau software adalah komponen penting agar pengguna bisa menggunakan komputer dan laptop mereka. Beragam software tentu saja tersedia untuk Mac OS X atau macOS sehingga kamu bisa menggunakan Mac atau MacBook kamu untuk bekerja dan produktif setiap hari.

Namun tidak semua aplikasi dan software tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis dan cuma-cuma. Kadang kamu harus membayar biaya lisensi atau berlangganan untuk menggunakan software tersebut.

Baca Juga:

Namun bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk membeli atau berlangganan software tersebut. Kadang software alternatif lain juga tidak kalah dalam hal fitur. Banyak pula yang punya kemampuan serupa namun bisa kamu dapatkan secara gratis bahkan open source.

Tentu saja software gratis dan open source ini merupakan pilihan tepat ketika kita harus berurusan dengan harga software yang terlalu mahal. Namun bukankah semua software gratis itu pasti tidak lebih baik dari software berbayar?

Tidak juga, banyak lho aplikasi terkenal yang ternyata bukan cuma gratis, namun juga open source dan tersedia di semua platform komputer. Sehingga ketika kamu beralih dari satu platform PC ke platform lain, kamu tidak perlu panik karena software yang berbeda.

Berikut ini adalah software gratis dan open source terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu gunakan di Mac dan MacBook kamu.

 

Libre Office

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac
via Libreoffice.org

Untuk yang satu ini tentu saja kamu sudah tahu kan. Ya, Libre Office memang sudah menjadi salah satu software alternatif terbaik untuk Microsoft Office. Selain karena punya fitur yang serupa, Libre Office juga termasuk software gratis dan open source.

Kelebihan lain yang akan sangat menguntungkan adalah tersedia di banyak platform. Libre Office bisa kamu install di Linux, Mac, dan tentu saja Windows. Jadi jika kamu sudah menguasai Libre Office di satu platform, kamu bisa pakai di Platform lain tanpa harus takut ada perubahan berarti.

 

GIMP

Berapa sih harga yang harus kamu bayar untuk bisa menggunakan fitur dan layanan Adobe Photoshop? Jika kamu tidak punya anggaran, tentu saja tidak masalah untuk mencari alternatif yang lebih murah, syukur-syukur gratis.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac
via GIMP.org

GIMP adalah jawabannya. Software yang satu ini memang sudah sangat terkenal di platform Linux sebagai alternatif gratis dan open source dari Adobe Photoshop karena software Photoshop memang belum dirilis ke Linux.

Software ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Jangan anggap remeh fitur yang ditawarkan, karena semua editing dasar hingga menengah bisa kamu lakukan dengan menggunakan GIMP. Kalau cuma buat poster sekolah atau kampus, tentu saja bukan masalah besar untuk GIMP.

 

Inkscape

Ingin alternatif yang gratis untuk software desain grafis berbasis vektor semacam Adobe Illustrator atau CorelDraw? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk download Inkscape.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac
via Inkscape.org

Software ini juga terkenal karena merupakan alternatif Adobe Illustrator di Linux. Selain tersedia secara gratis dan open source, software ini juga punya fitur yang tidak kalah dengan software berbayar lain.

 

Audacity

Kamu sering bekerja dengan beragam file audio untuk editing hingga produksi? Tentu saja banyak software yang bisa kamu gunakan. Bagaimana dengan yang gratis namun punya fitur berkualitas? Audacity bisa kamu jadikan pilihan.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac
via Audacityteam

Beragam fitur seperti perekaman atau recording, import dan export, editing, peningkatan kualitas audio, plug in, dan lain sebagainya ternyata bisa dilakukan dengan software Audacity. Software ini juga lebih terkenal di Linux sebagai alternatif gratis dan open source.

 

Lightworks

Software ini memang terkenal sebagai salah satu software edit video. Bukan cuma untuk pengguna Linux saja, namun untuk pengguna Windows dan Mac juga bisa menggunakan software ini.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Meskipun begitu, software ini juga tersedia dalam versi Pro yang tentu saja tidak gratis. Selain itu, beberapa software tambahan juga tersedia seperti Avid DNxHD yang bisa meningkatkan fungsi dan fitur dalam menggunakan Lightworks.

 

Blender

Ingin membuat kreasi grafis 3D dengan gratis? Ada banyak software yang bisa kamu pilih. Namun kebanyakan pengguna yang sudah berpengalaman pasti akan memilih Blender sebagai pilihan utama.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Dukungan fitur yang sangat lengkap, lisensi gratis, serta tersedia di banyak sekali platform seperti Windows, Mac, dan Linux membuat Blender dipilih. Selain itu, dukungan komunitas Blender juga banyak, jadi tidak akan sulit mencari beragam sumber belajar, tutorial, dan lain sebagainya.

 

Handbrake

Jika kamu ingin software converter video yang bisa diandalkan, maka HandBrake adalah jawabannya. Selain karena gratis dan open source, dukungan fitur di HandBrake juga sangat banyak dan lengkap.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Terdapat beragam built-in device preset, dukungan format multimedia yang lengkap, dukungan VFR dan CFR, dan lain-lain. Kalau untuk sekedar video converter, tidak ada salahnya mengandalkan software yang satu ini.

 

VLC Player

Mac OS X atau macOS sudah memiliki QuickTime untuk memutar file multimedia seperti video dan audio. Namun dukungan format untuk QuickTime masih sangat kurang. Di sinilah keunggulan dari VLC Player.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Saya pribadi juga lebih suka menggunakan VLC Player daripada QuickTime karena lebih praktis dan juga masalah kebiasaan zaman dulu, yang lebih suka pakai VLC di laptop Windows. Ketika pakai Ubuntu juga saya sering pakai VLC Player.

 

Mozilla Thunderbird

Ingin aplikasi client email terbaik untuk Mac dan MacBook kamu? Kamu bisa pakai aplikasi Mail bawaan, atau pakai software tambahan. Mungkin Mozile Thunderbird bisa kamu jadikan pertimbangan.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Selain karena gratis dan tersedia di banyak platform komputer, kamu juga akan mendapatkan fitur yang bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan software bagus berbayar seperti Outlook.

 

Google Chrome

Mac dan MacBook sudah memiliki Safari yang harus saya akui punya kinerja yang mulus dan ringan, namun untuk urusan fitur, Google Chrome ini merupakan raja dari semua browser yang ada saat ini meski terkenal berat dan boros memori RAM.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Gratis dan tersedia di semua platform komputer membuat transisi kamu dari satu komputer ke komputer lain terasa lebih mudah, khususnya untuk kamu yang punya banyak bookmark, untuk kemudahan sinkronisasi antar perangkat.

 

VirtualBox

Ingin install Windows di Mac atau MacBook? Kamu bisa pilih VMWare atau Parallels yang punya fitur canggih. Namun VirtualBox adalah solusi untuk kamu yang ingin software virtualisasi yang gratis dan open source namun tetap kaya akan fitur.

11 Alternatif Software Gratis dan Open Source Untuk Mac

Software ini cukup terkenal di Windows dan sering digunakan oleh pengguna yang ingin install Linux dan menjalankannya dalam mesin virtual. Di Mac, kinerja VirtualBox menjalankan Linux dan Windows juga tetap masih bisa diandalkan.

Bagaimana? Kamu punya alternatif lain yang kira-kira bisa ditambahkan ke dalam daftar ini?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode