Home Basic Mengatasi MagSafe Tidak Berfungsi dan Lampu Tidak Menyala

Mengatasi MagSafe Tidak Berfungsi dan Lampu Tidak Menyala

Mengatasi MagSafe Tidak Berfungsi dan Lampu Tidak Menyala

MagSafe adalah charger khas di MacBook yang memiliki bentuk port dan konektor yang unik. Selain bisa digunakan secara bolak balik, MagSafe juga mudah dipasang dan mudah dilepas sehingga lebih aman jika sewaktu-waktu kabel tertarik, tidak membuat MacBook ikut tertarik dan jatuh.

Keunikan lain dari MagSafe adalah terdapat lampu indikator yang bisa memberitahukan kita proses charging baterai MacBook, apakah sudah penuh atau belum. Lampu indikator akan menyala secara otomatis ketika sedang mengisi baterai MacBook.

Baca Juga:

Jika kamu sedang menancapkan MagSafe ke MacBook namun lampu indikator mati dan tidak menyala, maka itu artinya MagSafe tidak sedang mengisi. Mungkin karena charger belum terpasang sempurna di colokan listrik, ada debu di konektor MagSafe, atau karena sebab lainnya. Namun jika kamu merasa semua sudah terpasang dengan benar tetapi MagSafe tiba-tiba mati / tidak menyala sama sekali, mungkin memang ada masalah di MagSafe yang kamu miliki.

Untuk mengatasi MagSafe yang tidak berfungsi dan lampu indikator yang tidak menyala, kamu bisa coba beberapa tips dan tutorial berikut ini.

 

Pastikan Sumber Listrik Normal

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah memastikan bahwa sumber listrik normal. Jika sumber listrik tidak mampu memberikan suplai listrik seperti pada umumnya, biasanya MacBook tidak mau ngecharge baterai dan MagSafe tidak menyala.

Mengatasi MagSafe Tidak Berfungsi dan Lampu Tidak Menyala

Kamu bisa coba untuk menggunakan stopkontak lain atau sumber listrik lain. Selama sumber listrik yang kamu gunakan berasal dari listrik pada umumnya (bukan dari power supply atau yang lain-lain) maka harusnya listrik normal dan MagSafe menyala seperti biasa.

 

Bersihkan Port dan Konektor MagSafe

Penyebab utama aliran listrik yang mengganggu kinerja MagSafe adalah debu dan pertikel kecil yang menempel di port MagSafe maupun konektor MagSafe. Jadi pastikan port dan konektor sudah bersih ya.

Mengatasi MagSafe Tidak Berfungsi dan Lampu Tidak Menyala

Kamu bisa membersihkannya dengan kain halus atau apapun. Kalau saya pribadi biasanya cukup dengan menggunakan tisu kering saja. Kadang agak ditiup-tiup biar debu dan kotoran hilang hehe.

 

Coba ke MacBook Lain

Jika setelah melakukan dua tips diatas MagSafe masih saja mati, maka untuk memastikan apakah MagSafe rusak atau tidak, kamu bisa coba MagSafe ke MacBook lain. Jika kamu hanya punya satu MacBook kamu bisa pinjam ke teman atau rekan yang punya MacBook. Jika MagSafe menyala dan lampu indikator tidak mati di MacBook lainnya, berarti tidak ada kerusakan di dalam MagSafe tersebut, mungkin malah MacBook kamu yang bermasalah. Namun jika tidak berfungsi juga, kemungkinan MagSafe yang tidak menyala tersebut memang rusak.

 

MagSafe Rusak? Beli Baru

Jika MagSafe tersebut rusak, ya mau tidak mau kamu harus membeli MagSafe yang baru. Kamu bisa beli langsung di toko yang menjual produk Apple. (Baca: Toko Terbaik Untuk Membeli Produk Apple Resmi di Indonesia)

Punya pengalaman atau tips lain untuk mengatasi MagSafe tidak berfungsi / lampu MagSafe tidak menyala? Langsung saja bagikan di kolom komentar.

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong