Home Basic Cara Mengaktifkan Klik Kanan di Trackpad MacBook

Cara Mengaktifkan Klik Kanan di Trackpad MacBook

Cara Mengaktifkan Klik Kanan di Trackpad MacBook
via Apple

Klik kiri dan klik kanan adalah salah satu fitur mouse di komputer desktop atau PC. Untuk komputer jinjing atau laptop, kamu bisa memanfaatkan touchpad. Laptop Apple MacBook memiliki trackpad yang sekilas tidak memiliki fungsi klik kanan. Apa benar MacBook tidak bisa klik kanan?

Komputer Mac dan MacBook lebih mengenal fitur ini sebagai secondary click atau klik kedua. Kamu bisa melakukan fungsi yang sama dengan fitur klik kanan yang ada di mouse atau di touchpad laptop pada umumnya.

Baca Juga:

Cara umum untuk melakukannya adalah dengan melakukan touch dengan dua jari ke trackpad. Cara ini akan mengaktifkan fungsi yang sama dengan klik kanan di touchpad laptop.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menekan dan menahan Control sambil melakukan klik seperti biasa dengan satu jari. Cara ini juga akan memunculkan opsi lain seperti layaknya klik kanan.

Mungkin jika kamu sudah terbiasa dengan touchpad laptop, secara spontan kamu akan melakukan klik kanan dengan melakukan klik di sisi kanan trackpad MacBook. Apakah bisa seperti itu? Tentu saja bisa.

Yang perlu kamu lakukan cukup mengubah fungsi secondary click yang ada di pengaturan trackpad. Kamu bisa melakukan perubahan ini dengan sangat mudah. Yuk ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Masuk ke System Preference -> Trackpad untuk masuk ke pengaturan trackpad di MacBook.
  2. Di tab Point & Click akan ada fungsi Secondary Click.
  3. Secara default, pengaturan tersebut diatur ke klik dengan dua jari.
  4. Untuk mengaktifkan klik kanan seperti pada mouse atau trackpad pada umumnya, ubah pengaturannya ke “Click in bottom right corner”.
    Cara Mengaktifkan Klik Kanan di Trackpad MacBook
  5. Setelah itu, langsung saja kamu coba untuk menggunakan klik kanan dengan klik di sisi kanan trackpad MacBook.

Saya pribadi lebih suka menggunakan klik dengan dua jari, karena memang sudah kebiasaan. Untuk klik kanan secara normal, saya lebih suka menggunakan mouse yang memang lebih nyaman untuk digunakan.

Bagaimana dengan kamu? Lebih suka menggunakan klik kanan beneran apa klik dua jari?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya 😀

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong