Home Basic Tutorial Cara Cut-Paste File di Mac dan MacBook

Tutorial Cara Cut-Paste File di Mac dan MacBook

Tutorial Cara Cut-Paste File di Mac dan MacBook

Salah satu perbedaan Windows dengan Mac OS X atau macOS adalah perbedaan shortcut keyboard. Karena menggunakan sistem operasi OS X atau macOS, tentu saja shortcut yang digunakan berbeda dengan Windows.

Di Windows, kita biasa melakukan copy-paste dengan cara CRTL + C lalu CTRL + P. Untuk Mac dan MacBook dengan cara CMD + C lalu CMD +V. Lalu bagaimana dengan cut-paste di Mac dan MacBook?

Baca Juga:

Di PC dan laptop Windows, kamu bisa melakukan Cut-Paste dengan CTRL + X lalu CTRL + P. Namun kali ini, kamu tidak akan bisa cut-paste di Mac dengan CMD + X. Coba saja kalau tidak percaya. Lalu bagaimana caranya?

Cara untuk melakukan copy dan juga melakukan cut di Mac sebenarnya sama saja. Kamu harus menekan kombinasi CMD + C untuk melakukan penyalinan atau penggandaan file dan data lain.

Yang membedakannya adalah proses paste atau menempelkan dari satu lokasi ke lokasi lain. Jika copy paste, kita menggandakan file tersebut dengan membuat salinan ke lokasi direktori atau folder lain.

Jika melakukan cut paste, maka kita akan memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa ada proses penyalinan atau penggandaan. Jadi jumlah file akan sama persis, sama seperti kamu memindahkan sesuatu.

Untuk melakukan cut paste di Mac, caranya adalah memilih file lalu menekan CMD + C sama seperti kita hendak melakukan copy file. Yang berbeda adalah proses paste yang menggunakan CMD + Option + X.

Cara melakukan Cut-Paste di Mac dan MacBook adalah dengan cara menekan CMD + C lalu CMD + Option + V

Jadi yang berbeda di Mac OS X atau macOS di sini bukan proses copy atau cut nya, namun yang berbeda adalah proses paste atau menempelkan file ke lokasi atau direktori baru. Kamu bisa coba sekarang juga.

Bagaimana? Sudah bisa cut paste di Mac kan?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya 😀

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong