Home Mac 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

MacBook adalah komputer jinjing atau laptop buatan Apple yang memiliki banyak sekali keunikan dan kelebihan. Tidak heran jika banyak orang yang mulai melirik perangkat komputer Mac portabel yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, beragam PC dan laptop Windows sudah biasa ada di sekitar kita. Namun tidak begitu dengan perangkat komputer Mac. Kita hanya menemukan kumpulan pengguna Mac, khususnya laptop MacBook di tempat-tempat tertentu saja.

Baca Juga:

Saya sudah beberapa tahun menggunakan laptop Windows biasa dan beberapa produk PC Windows, lalu satu tahun terakhir ini beralih ke Mac dengan menggunakan MacBook, jadi mungkin bisa cerita sedikit tentang keunggulan dan kelebihan MacBook dibandingkan laptop biasa.

 

Produk Flagship Dengan Material Premium

Mungkin kamu sering mendengar istilah laptop low entry, mid-end, hingga high-end kan? Berbeda dengan beragam produsen lain yang bermain-main di semua lapisan pasar, Apple hanya menyasar pasar high-end saja.

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Itu artinya, semua produk MacBook ini adalah produk flagship yang jelas memiliki kualitas dan kelebihan dibandingkan laptop biasa yang berbeda kelas. Jadi jangan bandingkan MacBook dengan laptop kelas menengah atau kelas bawah, tapi MacBook hanya bisa dibandingkan dengan produk flagship lainnya.

Selain itu, MacBook juga dibekali dengan bahan material yang sangat premium. Coba saja pegang dan rasakan bedanya. Beberapa laptop flagship lain yang pernah saya pegang tidak ada yang memiliki material premium seperti ini.

 

Layar Berkualitas Bagus

Saat ini sudah cukup banyak PC atau laptop yang dibekali dengan layar 4K atau bahkan 5K. Biasanya resolusi tersebut dijadikan patokan untuk menentukan apakah kualitas layar tersebut bagus atau tidak. Lalu bagaimana dengan Apple?

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Apple

Harus diakui, Apple memang terbilang agak telat untuk mengikuti tren resolusi ini. Mac dengan resolusi 4K dan 5K baru ada di lini iMac kelas atas saja, dan lini laptop MacBook masih belum ada yang support resolusi 4K.

Namun bukan berarti layar MacBook jelek. Apple memiliki merek dagang sendiri yang bernama Retina Display. Tidak peduli berapa resolusi layar, selama layar tersebut berteknologi Retina Display, maka Apple menjamin kualitas layar tersebut sangat bagus dan tajam.

Untuk lebih lengkapnya apa itu Retina Display, kamu bisa baca artikel terpisah ini. Baca: Apa Itu Retina Display?

 

Hardware Cenderung Awet

Untuk yang satu ini sepertinya juga harus memasukkan faktor penggunaan juga, namun menurut banyak review yang ada di luar sana, hardware Apple ini cenderung lebih awet dibandingkan dengan laptop biasa.

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Mungkin kamu bisa lihat beberapa orang yang menjual MacBook bekas, biasanya baterai masih bisa bertahan 4-5 jam meskipun usia sudah lebih dari 3 tahun. Tentu saja ini lebih baik daripada kualitas dari laptop non Apple.

 

Baterai Tahan Lama

Berapa lama sih baterai laptop bisa bertahan? Rata-rata MacBook bisa bertahan hingga 10 jam untuk penggunaan ringan dan standar saja, bahkan MacBook Air bisa bertahan selama 12 jam, alias baterai yang tahan seharian.

Masih sangat jarang sekali laptop Windows yang bisa bertahan hingga 10 jam. Biarpun ada, pasti memiliki faktor lain seperti kapasitas baterai yang lebih besar. Berbeda dengan MacBook yang lebih mengandalkan penggunaan sumber daya yang optimal.

 

Ukuran yang Pas dan Ringan

Ternyata kapasitas baterai MacBook nggak besar-besar amat kok untuk ukuran produk flagship, yaitu hanya sekitar 5000 mAh saja. Yang lebih mengejutkan sebenarnya adalah ukuran fisik baterai tersebut. Ya, dengan kapasitas seperti itu bisa dibuat sangat kecil.

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Saat ini, MacBook memiliki ukuran layar 12 Inch, MacBook Air ukuran 13 inch, dan MacBook Pro memiliki ukuran 13 Inch dan 15 Inch. Ketebalan dan berat MacBook juga bisa dibilang sangat kecil.

Apple juga beralih ke Intel Core m di lini MacBook 12 inch sehingga sangat memungkinkan Apple membuat laptop MacBook super tipis yang pernah dibuat, namun tetap dengan kemampuan terbaik.

 

Sistem Operasi macOS

Pasti kamu juga setuju kalau cuma MacBook saja laptop dengan sistem operasi macOS. Laptop biasa pasti menggunakan OS lain seperti Windows, Distro Linux, dan lain sebagainya. Lalu apa sih kelebihan macOS dibandingkan Windows?

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel terpisah ini yang membahas secara lebih lengkap dan mendalam mengenai macOS dan Windows. Baca: Mengapa Mac Lebih Baik Dari PC Windows

 

Minim Virus

Karena macOS berbeda dengan Windows, artinya semua virus yang menyerang Windows tidak akan bisa menyerang Mac dan MacBook. Ketika laptop lain terkena suatu virus, pengguna MacBook bisa tenang selama mereka menggunakan macOS.

Namun Mac tetap bisa kena virus lho. Hanya saja jumlah virus di Mac ini jumlahnya sangat sedikit jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Baca: Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

 

Kinerja Mulus

Salah satu efek dari penggunaan macOS adalah MacBook memiliki kinerja yang sangat bagus, jauh lebih bagus dari laptop biasa. Salah satu alasannya adalah karena Apple sendiri yang merancang hardware serta software tersebut.

Berbeda dengan laptop lain yang menggunakan sistem operasi Windows milik Microsoft, sehingga mereka harus membuat driver dan software khusus untuk menyesuaikan hardware dan software mereka. Namun para produsen tetap tidak bisa mengakses source code Windows karena bukan open source.

Untuk lebih lengkap mengenai perbandingan kinerja Windows dan juga macOS, kamu bisa baca artikel berikut ini. Baca: Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau Mac OS X?

 

Senjata Developer Apple

Jika kamu berencana untuk mengembangkan beragam aplikasi untuk platform Apple seperti iOS, macOS, watchOS, dan tvOS, maka mau tidak mau kamu harus membeli Mac dengan sistem operasi macOS.

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Apple

Bagaimana dengan laptop non Apple lain? Well, saat ini tidak ada pilihan lain selain membeli Mac atau MacBook karena Apple tidak pernah merilis tool dan SDK ke platform lain selain milik Apple sendiri.

 

Dukungan Apple

Dukungan Apple untuk para pengguna Mac dan MacBook bisa dibilang sangat bagus. Kamu akan menemukan dokumentasi lengkap cara menggunakan Mac hingga troubleshooting Mac. Tentu ini salah satu kelebihan MacBook dari laptop lain non-Apple.

Jujur saja, saya sudah mencoba menjelajah sana sini beragam situs web produsen laptop lain namun tidak ada dukungan yang selengkap Apple. Bahkan ada produsen yang tidak punya dokumentasi sama sekali.

 

Eksklusif

Kelebihan yang mungkin tidak perlu disebutkan lagi. Karena jumlah pengguna Mac dan MacBook terbilang langka dan hanya kaum-kaum tertentu saja yang menggunakannya, maka kamu secara tidak langsung dipandang sebagai kaum eksklusif.

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Pexels

Nah bagaimana menurutmu? Apakah kamu menemukan kelebihan MacBook dibandingkan laptop non Apple lainnya?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode