Home Basic 6 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai iPhone Drop

6 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai iPhone Drop

6 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai iPhone Drop

Baterai iPhone semakin lama maka kemampuannya akan semakin berkurang. Hal ini adalah hal yang wajar. Namun bagaimana jika iPhone yang digunakan secara wajar mengalami baterai drop dan cepat habis secara tidak wajar?

Sebelum memutuskan apakah baterai rusak atau tidak, kamu bisa mencoba untuk memperbaiki baterai iPhone yang drop ini dengan beberapa cara mudah. Bisa jadi ini hanya masalah ringan yang bisa dengan mudah diatasi.

Baca Juga:

Mengatasi masalah ringan yang berhubungan dengan software serta penggunaan baterai bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Hal ini sangat bermanfaat sebelum memutuskan untuk mengganti baterai iPhone yang drop.

 

Kalibrasi Baterai iPhone

Kamu bisa melihat baterai iPhone yang drop dengan melihat indikator persentase baterai. Namun apakah kamu yakin dengan persentase yang muncul di layar kaca iPhone? Bisa jadi baterai sebenarnya masih 50% namun yang tampil di layar adalah 20%?

6 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai iPhone Drop

Inilah gunanya melakukan kalibrasi baterai. Proses kalibrasi akan membantu software iOS untuk bisa membaca persentase baterai sebenarnya. Secara tidak langsung, bisa mengatasi baterai iPhone yang drop. Baca: Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan iPad.

 

Jangan Gunakan iOS Beta

Salah satu penyebab mengapa iPhone cepat habis baterainya adalah karena iOS beta yang terinstal di dalamnya. Sistem operasi yang masih Beta memang masih belum stabil dan berisiko membuat iPhone cepat panas dan boros baterai.

Jika kamu memang tidak memiliki tujuan tertentu seperti menguji aplikasi buatanmu di iOS terbaru atau tidak memiliki iPhone lain untuk kehidupan sehari-hari, sebaiknya jangan install dulu versi Beta. Install saja versi publik yang jelas lebih stabil.

 

Reset iPhone

Jika kamu pengguna iOS versi publik namun tetap saja mengalami baterai iPhone yang drop dan cepat habis, mungkin kamu bisa mencoba untuk melakukan reset iPhone. Dengan melakukan reset iOS, iPhone akan kembali seperti baru. Baca: Tutorial Cara Reset iPhone dan iPad.

6 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai iPhone Drop

Sebelum lakukan reset iPhone, pastikan kamu sudah melakukan backup data dulu ya agar tidak ada data kamu yang hilang. Baca: Tutorial Cara Backup Data iPhone dan iPad.

 

Restore iPhone

Jika proses reset iPhone tidak berhasil, kamu bisa coba untuk melakukan restore iPhone. Sama seperti reset, setelah proses restore maka iPhone akan kembali menjadi seperti baru lagi. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad dengan iTunes.

Perbedaannya adalah proses restore iOS membutuhkan proses download dan install iOS baru dari server Apple melalui software iTunes. Pastikan kamu menyediakan koneksi internet dan juga backup data dulu sebelum restore.

 

Matikan iPhone Semalaman

Cara ini mungkin terdengar aneh, tetapi tidak ada salahnya untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mematikan iPhone kamu semalaman penuh. Dengan mematikan iPhone semalaman bisa mengistirahatkan sel-sel baterai iPhone.

Namun ketika mematikan baterai semalaman, pastikan juga baterai tidak dalam kondisi lemah. Minimal baterai iPhone harus ada sekitar setengah alias 50%, karena baterai yang drop mungkin saja bisa habis meskipun iPhone dimatikan.

 

Baterai iPhone Rusak?

Jika masalah baterai iPhone yang drop masih belum terselesaikan setelah kamu mengerjakan semua tips dan tutorial di atas, maka kemungkinan baterai iPhone memang sudah rusak dan harus diganti.

Kamu bisa cari service center resmi iPhone terdekat yang ada di Indonesia untuk memperbaiki baterai iPhone dengan tutorial di artikel ini. Baca: Cara Mencari Service Center iPhone di Indonesia.

Bagaimana? Apakah kamu sudah berhasil mengatasi baterai iPhone yang drop? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong