Home Basic Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone

SIM Card atau kartu SIM adalah chip yang dimasukkan ke smartphone agar dapat menggunakan beragam fitur dari operator seluler seperti panggilan telepon, SMS, dan paket data untuk akses internet dari seluler.

Perangkat seperti iPhone juga tentu saja menggunakan kartu SIM. Namun terkadang kartu SIM tidak terbaca di iPhone. Apa yang membuat iPhone tidak bisa membaca kartu SIM tersebut?

Masalah pertama yang paling mungkin terjadi tentu saja kerusakan di kartu SIM tersebut. Karena kartu SIM rusak, maka wajar jika iPhone tidak bisa membaca kartu SIM dengan benar. “SIM Tidak Valid” atau “Tidak Ada SIM Terpasang” adalah dua pesan kesalahan paling umum.

Kemungkinan lain yang bisa saja terjadi adalah kartu SIM tidak kompatibel dengan iPhone yang sedang kamu gunakan. Meskipun sama-sama GSM, namun belum tentu iPhone bisa membaca semua kartu SIM. Hal ini secara khusus terjadi pada iPhone dari luar negeri.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone

iPhone yang dijual resmi di Indonesia sudah pasti bisa membaca kartu SIM dari beragam operator di Indonesia. IPhone dari luar negeri ada kemungkinan tidak bisa membaca kartu SIM dari Indonesia.

Jadi untuk menguji apakah iPhone memang tidak bisa membaca kartu SIM atau tidak adalah dengan mencoba memasukkan kartu SIM lain ke dalam iPhone. Jika SIM card yang baru ini terbaca, maka masalah ada di kartu SIM yang lawas, entah kartu SIM rusak atau memang tidak kompatibel.

Jika dimasukkan beberapa kartu SIM lain dan iPhone masih tidak bisa membaca SIM card tersebut, tentu saja masalahnya ada di iPhone tersebut. Untuk memastikannya, masukkan kartu SIM yang tidak terbaca ke iPhone lain atau smartphone lain.

Jika memang ada kerusakan di iPhone, mau tidak mau kamu harus membawanya ke service center. Jika masih garansi, kamu bisa klaim garansi dengan sangat mudah. Baca: Cara Mencari Service Center iPhone Resmi Indonesia.

Untuk kamu yang ingin membeli iPhone baru, sangat disarankan untuk selalu membelinya di toko resmi Apple saja. Kamu bisa baca artikel berikut ini. Baca: Tips Membeli iPhone Baru yang Berkualitas.

Kamu juga bisa membeli iPhone bekas yang lebih murah. Namun jangan salah, kamu tetap bisa membeli iPhone bekas yang murah namun tetap masih berkualitas. Baca: Tips Membeli iPhone Bekas yang Berkualitas.

Bagaimana? Kamu punya tips lain untuk mengatasi kerusakan iPhone yang tidak bisa membaca SIM card?

Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya 😀

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong