Home Basic Mengatasi Kamera iPhone yang Blur dan Tidak Bisa Fokus

Mengatasi Kamera iPhone yang Blur dan Tidak Bisa Fokus

Mengatasi Kamera iPhone yang Blur dan Tidak Bisa Fokus

Kamera iPhone kadang mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang umum adalah kamera iPhone yang buram dan blur karena tidak bisa fokus. Seakan fitur fokus otomatis atau auto focus rusak. Bagaimana cara memperbaiki kerusakan dan masalah ini?

Gambar atau foto yang dihasilkan dari kamera akan terlihat buram karena kamera tidak bisa melakukan fokus dengan benar. Gambar yang blur tentu saja menghasilkan foto dengan objek yang tidak jelas.

Ada beberapa penyebab dari masalah kamera iPhone yang tidak bisa fokus ini. Yang pertama adalah masalah hardware alias masalah di kameranya itu sendiri. Jika memang kameranya rusak, mau tidak mau ya harus dibongkar dan diperbaiki.

Baca Juga:

Masalah kedua ini adalah masalah software. Sistem iOS mengalami kesalahan sehingga tidak merespon auto focus di kamera iPhone. Jika masalah software, maka kamu masih bisa memperbaikinya.

Mengatasi Kamera iPhone yang Blur dan Tidak Bisa Fokus

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan reset iPhone. Dengan reset, maka seluruh sistem operasi iOS akan diatur ulang dan semua set up akan benar-benar seperti baru.

Hanya saja, semua data seperti foto, video, kontak, dan lain-lain yang ada di iPhone akan hilang karena kondisi iPhone akan benar-benar seperti kondisi baru. Namun kamu bisa melakukan backup data untuk menjaga agar data iPhone aman. Baca: Cara Backup Data di iPhone dan iPad.

Jika kamu sudah siap untuk melakukan reset iPhone, kamu bisa langsung ikuti tutorial mudah yang ada di dalam artikel ini. Baca: Cara Reset iPhone Beserta Dengan Gambar Tutorial.

Jika masih belum berhasil, kamu bisa coba restore iPhone. Bedanya adalah reset iPhone hanya mengatur ulang iPhone ke kondisi baru, sedangkan restore iPhone adalah menginstal ulang iOS dari awal ke iPhone.

Efek yang ditimbulkan sama, yaitu iPhone akan menjadi seperti baru dan semua data akan dihapus. Hanya saja, proses restore membutuhkan komputer atau laptop yang ada iTunes, serta koneksi internet untuk download iOS.

Kalau kamu ingin coba restore, pastikan juga kamu sudah punya backup data agar tidak ada yang hilang. Kamu bisa baca tutorial cara restore iPhone di sini. Baca: Cara Restore iPhone dengan iTunes.

Jika reset dan restore masih belum bisa menyelesaikan masalah, maka satu-satunya penyebab kamera iPhone tidak bisa fokus adalah kerusakan hardware kamera itu sendiri. Kamera yang rusak tentu harus diperbaiki dengan cara diganti kan.

Kamu bisa datang ke service center iPhone terdekat untuk mendapatkan perbaikan. Kamu bisa membaca artikel ini untuk mencari service center iPhone terbaik di Indonesia. Baca: Mencari Service Center Terbaik di Indonesia.

Bagaimana? Sudah berhasil mengatasi masalah ini?

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong