Home Basic Memperbaiki Kamera iPhone Error karena Masalah Flash

Memperbaiki Kamera iPhone Error karena Masalah Flash

Memperbaiki Kamera iPhone Error karena Masalah Flash

Kamera iPhone memang dibekali dengan kualitas yang sangat baik. Namun bukan berarti kamera iPhone tidak pernah ada masalah. Terkadang beragam error menjangkiti kamera, mulai dari kamera yang tidak bisa fokus, blur, sampai masalah flash.

Salah satu masalah kamera yang paling umum dialami pengguna iPhone adalah masalah Flash alias lampu kilat. Ya, kamera hanya akan menampilkan blank hita biasa dengan pesan “Flash Dinonaktifkan – iPhone harus dingin sebelum Anda dapat menggunakan flash” atau “Flash is Disabled – The iPhone needs to cool down before you can use the flash”.

Jika sudah muncul peringatan error flash dinonaktifkan, maka muncul juga peringatan iPhone harus dingin sebelum bisa digunakan. Meskipun keterangannya adalah masalah flash, namun kamera iPhone juga hanya akan blank hitam saja.

Memperbaiki Kamera iPhone Error karena Masalah Flash

Untungnya masalah ini belum tentu masalah yang serius karena masih bisa diperbaiki sendiri dengan mudah. Kamu bisa baca beberapa solusi yang ada di bawah ini untuk mengatasi masalah flash is disabled ini.

 

Tunggu iPhone Dingin

Sesuai peringatan tersebut, kamu harus menunggu iPhone kamu dingin dulu. Masalah seperti ini memang kerap terjadi ketika iPhone kamu terasa sangat panas atau bahkan overheat.

Bukan cuma masalah lampu kilat alias flash kamera saja, tetapi beberapa fitur juga akan dimatikan atau dikurangi kinerjanya jika iPhone terlalu panas atau overheat. Jika kamu merasa iPhone tidak panas namun masih terjadi masalah flash, lanjut ke solusi berikutnya.

 

Restart iPhone

Ada kalanya iPhone masih dalam kondisi yang cukup dingin seperti biasa dan tidak terasa panas namun peringatan Flash is disabled masih saja muncul. Salah satu solusi mudah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan restart iPhone.

Dengan melakukan restart, maka sistem operasi iOS akan dinonaktifkan lalu dinyalakan lagi dari awal. Beragam bug dan masalah kecil mungkin bisa teratasi dengan restart biasa. Jika memang masalah ini hanya kesalahan kecil dari sistem iOS, seharusnya restart bisa mengatasi masalah error flash is disabled ini.

 

Reset iPhone

Melakukan restart masih belum menyelesaikan error kamera iPhone? Kamu bisa coba untuk melakukan reset iOS. Dengan melakukan reset, seluruh sistem iOS akan benar-benar diatur ulang dari awal. Baca: Tutorial Lengkap Cara Reset iPhone.

Memperbaiki Kamera iPhone Error karena Masalah Flash

Sebelum melakukan reset, sangat disarankan untuk membuat cadangan atau backup data iPhone terlebih dahulu agar tidak ada data yang hilang dan kamu bisa mengembalikan semua data ketika reset selesai. Baca: Cara Backup Data di iPhone dan iPad.

 

Solusi Kamera Error dari iFixit

Meskipun terdengar sedikit aneh, namun ada satu tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah error flash is disabled ini. Kamu bisa ikuti tutorial singkat di bawah ini.

  1. Lakukan reset iPhone. Caranya sama seperti yang dijelaskan di artikel ini, di poin sebelumnya.
  2. Setelah proses reset selesai, pergi ke Settings > Battery > Low Power Mode.
  3. Di sana, aktifkan lalu nonaktifkan Low Battery Mode sebanyak 3 kali.
  4. Tekan dan tahan terus tombol Home + Power hingga logo Apple muncul dan tunggu hingga iPhone menyala lagi.
  5. Lakukan lagi langkah nomor 2, menyalakan dan mematikan Low Battery Mode sebanyak 3 kali.
  6. Buka control center lalu nyalakan flash atau senter.
  7. Setelah itu, buka aplikasi Kamera untuk menggunakan kamera.

Bawa ke Service Center untuk Masalah Hardware

Jika reset saja juga tidak bisa mengatasi masalah error flash is disabled, berarti ada kemungkinan masalah ini disebabkan oleh masalah hardware kamera itu sendiri. Mau tidak mau kamu harus memperbaikinya di service center.

Kamu bisa pergi ke service center terdekat yang ada di kotamu. Jika masih bingung, kamu bisa cari service center Apple di Indonesia seperti berikut ini. Baca: Cara Mencari Service Center Terbaik untuk iPhone.

Bagaimana? Apakah masalah kamera error flash is disabled masih ada di iPhone kamu?

Share pengalamanmu di kolom komentar, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin ya 😀

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong