Home Basic 6 Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air

6 Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air

Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air
via Pixabay

Beragam barang elektronik memang tidak tahan kena air dan bisa rusak bila terendam, tenggelam, atau tercebur ke dalam air, termasuk juga smartphone seperti iPhone atau tablet seperti iPad. Jika iPhone kemasukan air, mungkin kamu perlu melakukan beberapa pertolongan kecil.

Jika sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, tidak ada jalan lain selain memperbaiki iPhone tersebut agar bisa kembali berfungsi. Sangat disarankan untuk diperbaiki di service center secepat mungkin.

Baca Juga:

Untuk menghindari harga reparasi dan biaya servis yang tinggi, tentu saja tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips pertolongan iPhone yang kena air dengan cara menangani dengan penanganan yang benar sebelum harus diperbaiki.

 

Jangan Panik dan Langsung Angkat iPhone Dari Air

Hal pertama yang mungkin akan kamu lakukan ketika mengetahui iPhone tercebur air adalah panik. Ya, sangat penting bagi kamu untuk tidak panik. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung ambil dan angkat iPhone dari air.

Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air
via CNET

iPhone yang kena air sebentar tentu saja masih belum terlalu parah. Air masih belum terlalu dalam masuk ke dalam mesin. Berbeda dengan iPhone yang sudah tenggelam di air terlalu lama dan terlalu dalam.

 

Pastikan iPhone Sudah Mati atau Nonaktif

Jika iPhone yang sudah terendam atau tenggelam ke dalam air tersebut masih bisa menyala, maka langsung saja kamu nonaktifkan iPhone tersebut. Dengan mematikan iPhone, maka akan meminimalisir kemungkinan konslet atau hubungan arus pendek listrik.

Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air
via Pexels

Namun biasanya kebanyakan smartphone dan beberapa perangkat elektronik akan mati secara otomatis ketika terkena air. Namun jika ada masalah dengan hubungan arus pendek, iPhone juga akan mati secara otomatis.

 

Jika Kena Air Kotor, Bersihkan Dulu iPhone

Jika iPhone tenggelam di air yang kotor, tidak ada salahnya untuk mencoba dibersihkan dulu. Caranya adalah dengan membilas iPhone dengan air bersih. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai malah iPhone semakin banyak kemasukan air.

 

Keringkan iPhone Sampai Sangat Kering

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya tentu saja mengeringkan iPhone. Ya, iPhone yang kemasukan air tentu saja harus segera mungkin dikeringkan hingga kamu yakin sudah benar-benar kering.

Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air
via Pexels

Kamu bisa menggunakan tisu atau kain kering untuk membersihkan sekaligus mengeringkan iPhone yang basah. Namun hal yang cukup sulit adalah mengeringkan iPhone di bagian dalam yang kemasukan air.

Kamu bisa menggunakan hair dryer dan mengalirkan angin hangat tersebut ke sela-sela atau rongga yang kemungkinan besar air masuk ke iPhone, seperti port Lightning, jack 3.5mm, dan lain sebagainya.

 

Randam Ke Dalam Beras Kering Beberapa Hari

Tidak pernah ada jaminan bahwa iPhone akan bisa benar-benar sangat kering ketika sudah kamu keringkan. Beberapa orang yang mengalami iPhone kena air sangat menyarankan untuk merendam dan mengubur iPhone ke dalam beras kering beberapa malam.

Beras bisa menyerap air yang berada di dalam tempat-tempat yang sangat sulit dijangkau, seperti air yang masuk ke dalam celah-celah sempit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan hal ini agar lebih pasti kering sebelum menyalakannya kembali.

 

Tidak Bisa Menyala? Bawa ke Service Center Terdekat

Skenario terburuk dari masalah iPhone kena air ini tentu saja iPhone menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Namun bukan berarti tidak ada jalan. Kasus iPhone kemasukan air termasuk salah satu kasus umum yang tentu saja banyak service center pernah temui.

Tips Cara Menangani dan Memperbaiki iPhone Kena Air
via Pexels

Tidak ada salahnya untuk membawa iPhone yang kena air tersebut ke service center terdekat yang ada di kota kamu. Baca: Cara Mencari Service Center Apple Terdekat.

Bagaimana? Punya tips lainĀ mengenai pertolongan untuk iPhone yang kena air ini?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga šŸ˜€

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong