Home iPad Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps

Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps

Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps

Perjalanan panjang seperti mudik lebaran di Indonesia tentu saja melibatkan perjalanan jauh. Jika kamu ambil jalan darat dan dengan mobil, jangan sampai kamu tersesat dan nyasar ya. Kamu bisa menggunakan layanan peta digital seperti Google Maps. Namun apakah Google Maps bisa offline atau harus selalu online?

Download peta offline tentu sangat menyenangkan untuk digunakan ketika mudik lebaran. Kamu tidak perlu koneksi internet untuk mengakses peta tersebut. Itu artinya kamu bisa menggunakan maps dengan lebih hemat paket data.

Baca Juga:

Google Maps memungkinkan kamu untuk bisa mengunduh dan menyimpan peta offline untuk kemudian kamu gunakan di perjalanan. Kamu bisa pilih peta yang ingin kamu download dan kamu jadikan offline.

  1. Buka aplikasi Google Maps. Jika masih belum install, kamu bisa install Google Maps dari App Store secara gratis.
  2. Di hamburger menu, kamu akan menemukan opsi Offline Areas. Tap menu tersebut untuk membuka pilihan dan opsi peta offline.
    Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps
  3. Semua peta offline Google Maps yang kamu unduh akan ada di sana. Jika belum pernah download peta apapun, maka tampilannya akan kosong.
    Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps
  4. Pilih Custom area untuk mengunduh peta offline. Pastikan storage kamu cukup untuk menyimpan beberapa ratus MB peta ya.
  5. Kamu bisa zoom in dan zoom out untuk mengatur peta offline mana yang ingin kamu download. Pastikan jangan melebihi total kapasitas memori penyimpanan storage kamu.
    Tutorial Cara Download Peta Offline Google Maps
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses download peta selesai dan siap untuk digunakan.

Setelah kamu berhasil download peta, kamu akan bisa mengakses peta tersebut tanpa harus online dan konek ke internet. Karena tidak membutuhkan koneksi, maka kamu bisa menggunakan peta dengan lebih cepat dan lebih hemat paket data.

Salah satu keterbatasan Google Maps adalah masih belum ada opsi untuk download peta satu negara secara penuh, misalnya peta Indonesia penuh. Tidak seperti HERE Maps yang bisa download peta offline untuk satu negara, bahkan bisa download Indonesia maps penuh.

Meskipun begitu, tentu saja akses offline di Google Maps ini sudah cukup bermanfaat kan, khususnya untuk perjalanan seperti mudik lebaran tahun ini.

Tips dan cara download offline maps ini bisa kamu terapkan di Google Maps iPhone maupun Android. Bagaimana? Sudah coba?

Share pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin juga ya 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong