Home Basic 3 Hal Menarik Tentang Apple File System (APFS)

3 Hal Menarik Tentang Apple File System (APFS)

3 Hal Menarik Tentang Apple File System (APFS)

iOS 10.3 sudah dirilis hari ini, dan sudah banyak pengguna yang download dan install update iOS 10.3 terbaru di iPhone dan iPad mereka. Di antara sekian banyak fitur baru di iOS 10.3, ada satu fitur menarik untuk kamu simak.

Apple juga secara resmi merilis Apple File System atau APFS ke semua iPhone dan iPad yang menggunakan iOS 10.3 terbaru. Apa itu APFS dan seperti apa manfaat dan kegunaan APFS terbaru Apple ini? Kamu bisa baca 11 hal menarik tentang APFS di bawah ini.

Baca Juga:

Apa Itu Apple File System (APFS)

APFS adalah Apple File System yang pertama diperkenalkan pada WWDC 2016 dan akan menggantikan HFS+ file system di Apple Watch, Apple TV, iPhone, iPad, Mac, dan MacBook dengan sistem operasi terbaru.

Itu artinya, Apple sudah tidak akan lagi menggunakan HFS+ di masa depan dan semua file system yang menggunakan HFS+ akan digantikan dengan Apple File System alias APFS ini dan selanjutnya semua produk akan menggunakan APFS ini.

 

Mengapa Apple Mengganti HFS+?

HFS+ sudah digunakan sejak tahun 1998, itu artinya sudah hampir 20 tahun. Meskipun sudah mendapatkan pembaruan beberapa kali namun sangat wajar jika HFS+ sudah semakin tertinggal.

Oleh karena itu, Apple perlu melakukan perubahan besar. Ya, Apple meninggalkan HFS+ dan mengembangkan yang baru dengan nama Apple File System atau APFS yang memiliki teknologi lebih baru.

 

Apa Kelebihan dan Kekurangan APFS?

APFS memberikan pilihan teknologi yang lebih canggih dari HFS+. Namun pada generasi awal APFS masih banyak kekurangan dan fungsi terbatas yang ada di APFS. Beberapa adalah belum support startup disk, hanya support mode Case Sensitive, tidak mendukung Time Machine, FileVault dan Fusion Drive.

Nah untuk iOS 10.3 ini, Apple akhirnya merilis Apple File System APFS dan akhirnya bisa kamu gunakan di iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menjalankan iOS 10.3 terbaru ini.

Bagaimana? Kamu sudah menggunakan iOS 10.3? Apakah ada perubahan?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong