Home Basic 11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Kamu pasti sudah tahu bahwa aplikasi bawaan iOS di iPhone dan iPad bisa dihapus. Fitur tersebut adalah salah satu fitur baru iOS 10 yang sudah bisa kamu gunakan sekarang ini. Ya, sekarang kamu sudah bisa menghapus aplikasi bawaan iPhone dan iPad.

Namun apakah menghapus aplikasi bawaan iOS aman dan tidak berbahaya? Beberapa aplikasi iOS bisa kamu hapus dari iPhone dan iPad kamu dengan aman dan tidak akan menimbulkan bahaya.

Sekedar informasi, tidak semua aplikasi bawaan iPhone atau iPad bisa dihapus. Beberapa aplikasi bawaan seperti App Store dan Settings tentu saja tidak akan bisa kamu hapus dari sistem iOS.

Namun jika kamu ingin menambah kapasitas memori kosong di iPhone atau iPad, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus beberapa aplikasi bawaan iOS. Tentu saja kamu tetap bisa menghapus aplikasi bawaan iOS dengan aman.

Baca Juga:

Untuk kamu yang ingin menghapus aplikasi bawaan iPhone atau iPad, berikut ini adalah 11 aplikasi iOS yang bisa kamu hapus dengan aman dari iPhone dan iPad kamu.

 

Kalkulator

Aplikasi yang mungkin tidak akan kamu butuhkan dan bisa kamu pertimbangkan untuk dihapus adalah aplikasi kalkulator bawaan. Tentu saja iPhone atau iPad kamu tetap aman meskipun kamu menghapus aplikasi kalkulator bawaan iOS ini.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Selain menghapus karena alasan kapasitas memori penyimpanan, kamu mungkin menggunakan aplikasi kalkulator lain yang kamu download dari App Store yang lebih canggih dari aplikasi kalkulator iOS bawaan.

Bahkan untuk sekedar melakukan perhitungan, kamu bisa menggunakan Siri lho. Kelemahannya tentu saja kamu harus menggunakan ucapan suara, dan tentunya butuh koneksi internet.

 

Home

Kamu sudah tahu apa itu aplikasi Home atau Rumah ini? Tidak heran jika kamu tidak tahu, karena memang aplikasi ini hampir belum bisa digunakan di Indonesia. Bukan karena pembatasan region, tetapi ketersediaan peralatan yang dibutuhkan.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Intinya sih aplikasi Home ini berfungsi untuk pusat kendali smart house yang memanfaatkan teknologi HomeKit. Kamu bisa baca selengkapnya di sini. Baca: Apa Itu Aplikasi Home di iOS 10

Jika kamu merasa aplikasi ini tidak pernah kamu gunakan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus salah satu aplikasi bawaan ini. Lumayan kan bisa menambah memori penyimpanan iPhone kamu.

 

Kompas

Jadi, siapa ini yang sering pakai aplikasi kompas? Aplikasi ini jelas memiliki fungsi yang sangat bagus dalam keadaan tertentu. Namun ada kalanya kamu mungkin tidak pernah menggunakan aplikasi bawaan ini, atau bahkan tidak pernah tahu ada aplikasi kompas.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Daripada mubazir, kamu bisa menghapus aplikasi kompas ini dengan aman. Apakah fitur kompas akan hilang dengan dihapusnya aplikasi bawaan ini? Tidak. Fitur kompas yang sebenarnya adalah dari hardware yang ada di dalam iPhone kamu. Aplikasi kompas hanya memanfaatkan hardware tersebut untuk menampilkan tampilan layaknya kompas biasa.

 

Apple Watch

Kamu punya Apple Watch? Aplikasi bawaan Watch ini jangan sampai kamu hapus karena aplikasi ini adalah jembatan penghubung antara iPhone dengan Apple Watch. Bagaimana jika kamu tidak punya Apple Watch?

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Tentu saja aplikasi Watch ini tidak akan berguna. Jika kamu tidak punya Apple Watch, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi ini. Karena jika kamu tidak punya Apple Watch, saya pastikan aplikasi bawaan ini tidak akan berguna.

 

iCloud Drive

Kamu suka menggunakan layanan iCloud Drive untuk menyimpan beragam file seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya? Mungkin kamu membutuhkan aplikasi iCloud Drive ini.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Sebenarnya tanpa harus install aplikasi iCloud Drive ini, kamu tetap bisa menggunakan layanan iCloud di iPhone atau iPad kamu. Fungsi dari aplikasi bawaan iCloud Drive ini hanya sebagai aplikasi bantu untuk mengakses isi dan Direktori iCloud kamu.

Jadi meskipun kamu menghapus aplikasi bawaan iCloud Drive ini, iPhone atau iPad kamu tetap aman. Kamu tetap bisa menggunakan fitur seperti iCloud Photo Gallery, Backup, dan lain sebagainya.

 

Mail

Aplikasi email apa yang menjadi favorit kamu? Hampir semua pengguna iOS di iPhone atau iPad menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur lebih banyak dari aplikasi email bawaan iPhone atau iPad.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Ya, kamu bisa dengan aman menghapus aplikasi bawaan yang satu ini. Meskipun demikian, jika tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya jangan hapus aplikasi Mail ini meskipun kamu tidak membutuhkannya.

 

Maps

Menggunakan Apple Maps? Hampir pasti kamu tidak akan menggunakan Apple Maps sebagai aplikasi peta dan navigasi. Kamu pasti akan lebih memilih menggunakan Google Maps atau HERE Maps.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Terlepas dari kualitas Apple Maps, kamu bisa menghapus aplikasi Apple Maps ini dan menggantinya dengan aplikasi pihak ketiga seperti Google Maps atau HERE Maps sebagai aplikasi peta dan navigasi.

 

Musik

Kamu lebih suka mendengarkan musik dari layanan pihak ketiga seperti Spotify atau JOOX? Ya, kamu pasti tidak akan membutuhkan aplikasi pemutar musik bawaan iOS di iPhone atau iPad.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Namun jika kamu pengguna setia Apple Music, kamu tentu saja harus menggunakan aplikasi musik bawaan iOS ini. Juga jika kamu sering memasukkan lagu ke iPhone dari iTunes di PC atau laptop, kamu juga perlu aplikasi Musik ini.

 

Podcast

Kamu pasti sudah tahu apa itu podcast kan? Saya pribadi sih tidak pernah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sudah saya hapus sejak pertama kali iOS 10 dirilis hehe. Jadi intinya kalau gak butuh, ya hapus saja.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Stocks

Ini lagi salah satu aplikasi bawaan iOS yang meskipun punya fungsi penting untuk sebagian orang, namun bagi saya nggak penting banget. Kalau hanya untuk mengecek kondisi saham perusahaan lain, saya bisa menggunakan Siri yang tentu tidak butuh aplikasi.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Aplikasi ini juga sudah saya hapus dan sampai sekarang aman-aman saja. Jadi jika kamu merasa aplikasi ini tidak terlalu penting, lebih baik hapus saja aplikasi bawaan Stocks ini.

 

Tips

Kamu suka tips dan trik cara menggunakan dan mengoptimalkan iPhone atau iPad kamu? Tentu saja kamu bisa baca beragam tips dan trik yang ada di aplikasi Tips ini. Aplikasi bawaan iOS ini berisi banyak sekali tips dan trik yang bermanfaat.

11 Aplikasi iOS Bawaan iPhone yang Aman Dihapus

Hanya saja, tips dan trik yang diberikan kadang tidak terlalu penting karena sudah terlalu umum dan hampir diketahui oleh semua orang. Oleh karena itu, saya memilih untuk menghapus aplikasi ini.

Bagaimana? Aplikasi bawaan iOS mana yang kamu hapus?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Fitur Night Shift di macOS Sierra Terbaru  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong