Home Basic Tutorial Mudah Cara Restart Mac dan MacBook

Tutorial Mudah Cara Restart Mac dan MacBook

Tutorial Mudah Cara Restart Mac dan MacBook

Komputer OS X atau macOS seperti Mac dan MacBook tentu tidak menggunakan sistem operasi yang sama dengan sistem operasi Windows yang digunakan di kebanyakan PC dan laptop di pasaran. Namun ada sejumlah fitur dan fungsi Windows yang sama dengan Mac.

Ya, kamu bisa melakukan restart Mac dan MacBook kamu langsung dari sistem operasi OS X atau macOS. Lalu, apa itu restart, fungsi dari restart, dan bagaimana cara restart Mac dan MacBook?

Seperti pada Windows, Mac juga kadang perlu restart untuk kembali menyegarkan sistem operasi Mac OS X atau macOS. Misalnya saja kamu selesai install software, terkadang Mac butuh restart untuk menyelesaikan proses install hingga selesai.

Baca Juga:

Cara restart Mac OS X dan macOS sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti tutorial mudah berikut ini.

  1. Klik menu Apple yang ada di pojok kiri atas menubar Mac OS X atau macOS kamu. Akan muncul beragam pilihan menu yang bisa kamu pilih.
  2. Pilih Restart untuk memulai proses restart. Mac akan dimulai ulang dengan cara mematikan mesin dan menyalakan mesin lagi.
    Tutorial Mudah Cara Restart Mac dan MacBook
  3. Akan muncul pesan peringatan untuk konfirmasi restart Mac. Kamu bisa langsung restart Mac, menunggu selama 1 menit untuk restart Mac otomatis, atau membatalkan restart.
  4. Pilih saja langsung Restart untuk segera memulai proses restart Mac.
    Tutorial Mudah Cara Restart Mac dan MacBook
  5. Tunggu hingga proses restart Mac selesai. Mac akan menyala dan login kembali hingga muncul tampilan desktop.

Sangat disarankan untuk melakukan restart Mac dan MacBook kamu ketika sudah terlalu lama mengerjakan sesuatu yang berat, habis install software berat, dan lain sebagainya untuk tetap menjaga OS X atau macOS tetap segar.

Meskipun begitu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan OS X atau macOS karena secara default Mac lebih stabil dari Windows sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan proses restart Mac.

Bagaimana? Sudah berhasil restart Mac kamu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong