Home Basic Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad

Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad

Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad

Widget adalah sebuah aplikasi mini yang memiliki fungsi khusus yang sangat spesifik dari aplikasi utama. Ya, setiap aplikasi iOS di iPhone dan iPad juga memiliki widget. Jadi, kamu bisa memasang widget di iPhone dan iPad kamu.

Bukan cuma beragam widget iOS bawaan, kamu juga bisa download aplikasi iOS di App Store yang sudah support widget untuk menambah widget iPhone dan iPad. Beragam aplikasi sekarang ini punya fitur widget yang bisa kamu gunakan.

Mungkin kamu bingung cara menggunakan widget di iPhone dan iPad. Sistem iOS bisa menggunakan widget dan ketersediaan widget tersebut tergantung dari aplikasi yang kamu install di iPhone dan iPad kamu.

Tidak semua aplikasi iOS memiliki fitur widget. Hanya beberapa aplikasi saja yang sudah dilengkapi fitur widget. Tentu saja hal ini tergantung dari sang developer yang membuat aplikasi.

Baca Juga:

Untuk menggunakan widget iOS atau menambah widget di iPhone dan iPad kamu, kamu bisa mengikuti tips dan tutorial berikut ini.

  1. Buka tampilan Today View. Tampilan Today View iPhone atau iPad bisa kamu buka dari Notification Center atau dari halaman paling kiri dari Home Screen iOS.
  2. Kamu bisa lihat beberapa widget iPhone atau iPad yang sudah ada di sana. Beberapa widget bawaan seperti cuaca dan kalender sudah ada secara default.
    Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad
  3. Tap Edit untuk menambah widget. Kamu bisa menemukan tanda Edit tersebut di bagian paling bawah Today View.
    Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad
  4. Kamu bisa memilih widget iPhone atau iPad yang ingin kamu tambahkan. Ada beragam aplikasi bawaan iOS atau aplikasi pihak ketiga dari App Store yang bisa widget.
    Cara Menambah Widget iOS di iPhone dan iPad
  5. Tap tanda plus (+) untuk menambah widget iOS. Ya, widget sudah bisa kamu lihat di Today View iPhone atau iPad kamu.
  6. Sekarang kamu sudah bisa menambah dan menggunakan widget iOS di iPhone dan iPad.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak semua aplikasi bisa menggunakan widget iOS di iPhone dan iPad. Hal ini karena butuh penambahan fitur yang harus diberikan oleh si pembuat aplikasi. Jadi, kalau pembuat aplikasi tidak membuat widget maka aplikasi iOS tidak akan bisa mendukung widget.

Kamu bisa menemukan beragam aplikasi keren untuk widget iPhone dan iPad di App Store. Beragam widget dari aplikasi pihak ketiga tersebut bukan cuma sebagai penghias Today View iPhone agar lebih indah, namun juga punya fungsi dan fitur yang bermanfaat.

Bagaimana? Sudah coba menambah widget iOS di iPhone dan iPad kamu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode