Home iPhone 5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

Kamera adalah salah satu fitur unggulan iPhone untuk memotret foto dan emngambil video. Aktivitas seperti jepret foto, memotret foto dan mengambil video, dan lain-lain terasa sangat mudah dan cepat. Bahkan iPhone 5 dan iPhone 5S juga masih memiliki kualitas kamera yang bagus sehingga masih bisa diandalkan untuk mengambil dan memotret foto.

Meskipun begitu, iPhone tidak memiliki shortcut tombol kamera yang bisa membuat kamu memotret foto dengan cepat. Berbeda dengan smartphone dengan tombol kamera yang bisa jepret foto dengan cepat serta mengambil video dengan sangat mudah.

Baca Juga: 

Namun demikian, masih banyak tips shortcut yang bisa kamu gunakan. Bahkan kamu bisa mengambil foto dengan cepat dari lock screen iOS tanpa unlock iPhone terlebih dahulu. Keren kan?

Mengapa kamu harus unlock iPhone terlebih dahulu jika kamu bisa membuka kamera iPhone dari lock screen dengan cepat? Ya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa mengambil foto dengan cepat di lock screen iOS.

Cara ini terbukti bisa menghemat waktu karena kamu tidak perlu mengambil foto dengan membuka kamera dengan cara unlock iPhone terlebih dahulu. Cukup buka kamera dari lock screen iOS dan kamu sudah bisa jepret foto sesuka hati. Selain hemat waktu, juga lebih hemat energi kan?

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk mengambil foto iPhone cepat di lock screen iOS sehingga kamu bisa jeprat jepret foto dengan lebih cepat tanpa harus unlock iPhone terlebih dahulu.

 

Swipe Lock Screen iOS

Seperti yang kita ketahui, Apple menghapus salah satu fitur legendaris iOS dan iPhone generasi awal. Ya, slide to unlock sudah tidak ada lagi di iOS 10. Ternyata fitur press home to unlock ini membuka fitur baru, yaitu kemampuan untuk membuka kamera iPhone langsung dari lock screen iOS.

Ini tips yang paling mudah. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah mengaktifkan layar iPhone dengan cara menekan tombol Power atau tombol Home lalu melakukan swipe di lock screen iOS 10. Setelah itu, kamu bisa melakukan swipe lock screen iOS dari kanan ke kiri untuk membuka kamera.

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

Setelah melakukan swipe lock screen, kamu langsung bisa mengambil foto dengan menggunakan iPhone kamu. Jepret foto tanpa perlu unlock lock screen iOS bisa menghemat waktu kan?

Namun ada sedikit kelemahan dengan metode ini. Kelemahannya adalah hanya saja kamu tidak bisa mengakses semua foto kamera jika iOS masih dalam keadaan locked atau terkunci. Kamu harus unlock iPhone untuk bisa membuka galeri foto iPhone kamu.

Cara untuk mengakses kamera dengan cara swipe dari kanan ke kiri ini juga bisa dilakukan oleh iPad  yang menggunakan iOS 10.

 

Akses Kamera Cepat dari Widget

Seperti yang kamu tahu bahwa iOS 10 memiliki fitur widget yang bisa kamu akses secara langsung dengan melakukan swipe lock screen iOS dari kiri ke kanan. Beragam widget bisa langsung kamu buka, termasuk widget aplikasi pihak ketiga.

Hanya saja, kamera iPhone tidak memiliki akses ke widget tersebut. Kamu tidak akan bisa menggunakan kamera secara langsung melalui widget untuk mengambil foto /video atau jepret foto.

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

Namun, kamu bisa menggunakan widget dari aplikasi pihak ketika. Aplikasi iPhone tersebut bisa kamu download dan install secara langsung melalui App Store. Beberapa aplikasi seperti Lightroom Mobile.

Bukan cuma iPhone saja, namun widget ini juga bisa kamu gunakan di iPad juga selama aplikasi iOS yang kamu gunakan juga support iPad.

 

Membuka Kamera Dari Control Center iOS

Masih ada yang tidak tahu apa itu Control Center? Coba kamu swipe dari bawah ke atas dari layar iOS milikmu. Ya, itu adalah Control Center iOS. Control Center sudah ada di iOS beberapa versi ke belakang.

Secara default, Control Center juga sudah menyediakan akses cepat kamera tanpa harus unlock iPhone. Kamu tidak perlu memasukkan passcode atau password untuk mengaktifkan dan membuka kunci iOS.

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

Cukup buka Control Center dan buka kamera dari sana. Akan ada ikon kamera di bagian kanan bawah. Tap sekali maka kamera akan terbuka. Kamu siap untuk mengambil foto, jepret sana jepret sini, dan lain sebagainya.

 

Mengaktifkan Kamera Dengan Siri

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan sebagai tips memotret iPhone dengan cepat adalah dengan menggunakan bantuan Siri. Memang terdengar aneh sih jika kamu menggunakan Siri di area publik yang banyak orang, namun tidak ada salahnya untuk mencoba hehehe.

Cara mengaktifkan kamera dengan menggunakan Siri sangat mudah. Aktifkan dulu Siri di iPhone dan iPad dengan menekan dan menahan tombol Home lalu ucapkan “Open Camera” untuk membuka kamera.

5 Cara Cepat Mengambil Foto dari Lock Screen iPhone

Setelah kamera terbuka, kamu bisa mengambil foto sesuka hatimu, jepret foto sana sini, dan sebagainya. Keren kan kalau pakai Siri?

Kelemahannya? Ya bisa saja Siri tidak mengerti apa yang kamu ucapkan. Siri memang masih belum support Bahasa Indonesia jadi kamu harus menggunakan akses Inggris Amerika jika kamu menggunakan bahasa English US. Juga, Siri butuh koneksi internet.

Bagaimana? Seru juga kan bisa mengambil foto dengan cepat di Lock Screen iOS tanpa perlu unlock iPhone terlebih dahulu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita ya 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode