Home Basic Cara Restore Mac atau MacBook Yang Bermasalah

Cara Restore Mac atau MacBook Yang Bermasalah

Cara Restore Mac dan MacBook yang Bermasalah

Mac dan MacBook kamu error dan mengalami masalah di sistem operasi OS X atau macOS? Kamu tentu saja bisa memperbaiki Mac OS X atau macOS dengan cara restore Mac. Ya, dengan restore, maka kondisi Mac dan MacBook kamu bisa kembali seperti semula, bahkan seperti baru.

Hanya saja perlu kamu ingat bahwa proses restore Mac ini hanya bisa memperbaiki error dan masalah software saja, sedangkan kerusakan hardware atau perangkat keras tetap harus diperbaiki dengan perbaikan ke service center.

Sebenarnya kamu bisa melakukan instal ulang Mac OS X atau macOS sehingga nanti seluruh sistem Mac atau MacBook kamu akan benar-benar seperti baru lagi. Kekurangannya adalah kamu akan kehilangan semua data yang ada.

Untungnya kamu bisa restore Mac kamu dari backup Time Machine sehingga bisa memperbaiki semua masalah Mac tanpa harus install ulang Mac dari awal. Proses ini lebih disukai untuk memperbaiki masalah dan kerusakan sistem Mac.

Baca Juga:

Untuk kamu yang ingin tahu cara restore Mac atau MacBook, kamu bisa ikuti tutorial mudah berikut ini.

  1. Matikan Mac atau MacBook. Pastikan Mac dan MacBook sudah dalam keadaan mati. Jika masih menyala, matikan segera.
  2. Tunggu dan biarkan Mac mati beberapa saat.
  3. Siapkan dulu jari kamu untuk menekan Command + R. Ya, kamu akan masuk ke recovery mode. Baca: Cara Masuk Recovery Mode Mac OS X dan macOS terbaru.
  4. Nyalakan dulu Mac. Tunggu hingga ada suara booting.
  5. Setelah suara booting terdengar, langsung tekan dan tahan Command + R. Tunggu beberapa saat hingga muncul logo Apple.
  6. Kamu akan masuk ke recovery mode Mac OS X atau macOS.
    Cara Restore Mac dan MacBook yang Bermasalah
  7. Pilih Restore From Time Machine. Kamu akan memulihkan seluruh Mac dan MacBook kamu melalui fitur backup Time Machine.
  8. Sambungkan backup Time Machine kamu.
  9. Pilih Time Machine yang kamu inginkan. Pilih Continue.
  10. Tunggu hingga proses restore Mac selesai.

Perlu kamu perhatikan bahwa restore Mac ini akan mengembalikan kondisi Mac atau MacBook sama seperti pada backup Time Machine tersebut, termasuk semua data dan juga semua pengaturan OS X atau macOS.

Beberapa perbaikan Mac yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan restore Mac adalah reset NVRAM Mac dan juga reset SMC Mac. Jika masih bermasalah, maka tidak ada salahnya untuk restore Mac kamu.

Bagaimana? Sudah coba restore Mac kamu menjadi seperti baru lagi?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode