Home Basic Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Kamu mau membeli iPhone baru? Hati-hati dengan iPhone palsu alias iPhone replika. Ya, iPhone replika atau yang lebih dikenal dengan iPhone super copy ini tentu saja bukan produk original.

iPhone asli jelas memiliki perbedaan dengan iPhone palsu. Cara membedakan iPhone asli dengan iPhone palsu replika juga tidak terlalu sulit. Yang kamu harus lakukan hanya harus jeli dalam membedakan iPhone asli dengan iPhone palsu tersebut.

Apa itu iPhone replika? IPhone replika adalah smartphone bukan iPhone yang dirakit oleh entah siapa dan didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai iPhone original. Namun, smartphone tersebut bukan iPhone. Bisa dibilang, iPhone replika adalah iPhone palsu.

Sudah cukup banyak kasus iPhone palsu yang beredar. Tentu saja iPhone palsu atau iPhone replika tersebut berbeda. Kamu tidak boleh berharap mendapatkan kualitas yang sama dengan iPhone asli.

Untuk kamu yang ingin membeli iPhone baru dan khawatir apakah iPhone itu asli atau palsu, kamu bisa baca tips berikut ini untuk membedakan iPhone asli dan palsu replika dari MacPoin ini.

 

iPhone Asli Hanya di Toko Resmi

Hal yang sebenarnya bisa kamu pastikan adalah di mana iPhone dijual. Ya, iPhone asli hanya dijual di toko resmi atau reseller Apple saja. Jika kamu membeli iPhone dari premium reseller Apple, sudah bisa dipastikan iPhone tersebut adalah asli.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Namun jika kamu beli di tempat selain premium reseller Apple juga belum tentu palsu. Bisa jadi asli namun tidak dijual di tempat yang resmi. Maksud saya, jika kamu ingin iPhone asli yang beli saja langsung di toko resmi Apple. Baca: Cara Mencari Toko Resmi Apple di Indonesia.

 

Bahan iPhone

iPhone asli memiliki bahan yang lebih baik dari iPhone palsu. Yang jelas, iPhone asli akan terasa sangat mewah ketika digenggam. Bukan terbuat dari plastik yang terkesan murah dan mudah rusak.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Bahan yang digunakan iPhone ini yang paling umum adalah terdiri dari bahan kaca dan aluminium premium. Sedangkan bahan iPhone replika tidak tentu, biasanya aluminium biasa atau bahkan plastik.

Juga, layar iPhone asli saat ini sudah menggunakan layar retina alias Retina Display. Kamu akan mendapatkan layar berkualitas tinggi dengan tingkat kenyamanan yang jelas lebih baik dari layar iPhone palsu replika. Baca: Apa Itu Layar Retina Display?

 

iPhone Asli Bisa Terdeteksi iTunes

Hanya iPhone asli saat ini yang bisa terdeteksi di iTunes. Jadi jika iPhone kamu tidak bisa terdeteksi iTunes, bisa jadi itu iPhone palsu alias sebuah iPhone replika. Hal ini karena iTunes hanya didesain untuk mendeteksi iPhone asli saja.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Namun jika kamu yakin iPhone kamu asli namun iPhone masih tidak terdeteksi iTunes, kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini. Baca: Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi iTunes.

 

App Store, bukan Google Play Store

Sudah jelas, hanya iPhone asli yang memiliki App Store yang asli juga. Tidak ada smartphone selain iPhone yang menggunakan toko aplikasi App Store asli buatan Apple. Jadi, jika toko aplikasi milikmu adalah App Store, berarti iPhone kamu adalah asli.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Replika

Kebanyakan iPhone replika, dan semua iPhone palsu pada umumnya, menggunakan sistem operasi Android dan menggunakan Google Play Store. Jelas ini bukan iPhone asli, namun iPhone palsu alias replika.

 

Cara Screenshot iPhone

Cara screenshot iPhone sangat mudah. Cukup dengan menekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan dan hasil dari screenshot akan tersimpan di galeri foto. Baca: Cara Screenshot iPhone dan iPad.

Namun, iPhone palsu tidak bisa screenshot sama seperti iPhone asli. Cara screenshot Android dan iOS berbeda sehingga tidak mungkin iPhone replika bisa menggunakan kombinasi tombol Home dan Power.

 

Harga iPhone

Meskipun tidak termasuk perbedaan iPhone asli dengan iPhone replika, namun kamu bisa mempertimbangkan faktor harga untuk membedakan iPhone asli dan palsu. Ya, iPhone asli memang belum tentu murah, namun iPhone palsu pasti murah.

Jika harga iPhone yang ditawarkan jauh dari harga pasaran, maka kamu harus waspada. Bisa jadi iPhone tersebut bukan iPhone asli, melainkan iPhone replika yang jelas bukan iPhone dan berbeda dengan iPhone asli.

Nah itulah dia beberapa cara mengetahui iPhone asli atau tidak. Apakah kamu punya tips lain seputar cara membedakan iPhone asli original dan palsu replika? Jika ada langsung saja bagikan di kolom komentar.

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong