Home Editorial 6 Alasan Jangan Beli iPhone 5 dan 5C di Tahun 2017

6 Alasan Jangan Beli iPhone 5 dan 5C di Tahun 2017

6 Alasan Jangan Beli iPhone 5 dan 5C di Tahun 2017

Jika tahun lalu iPhone 4 dan iPhone 4S masuk dalam jajaran iPhone yang sudah tidak layak atau worth it untuk dibeli, apakah tahun ini iPhone 5 dan iPhone 5C masih worth untuk dibeli di tahun 2017 ini?

IPhone 5 memang merupakan salah satu iPhone yang sangat populer di Indonesia. Begitu juga dengan iPhone 5C. Hal ini tidak lain karena saat ini iPhone 5 memiliki harga yang murah dan mendukung lumayan banyak fitur baru iOS 10.

Namun apakah di tahun 2017 ini iPhone 5 masih worth dan layak untuk dibeli dan dimiliki? Tinggal menghitung bulan saja iOS 11 dirilis begitu juga dengan iPhone 7S atau iPhone 8 terbaru.

Baca Juga:

Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu tidak membeli iPhone 5 dan iPhone 5C tahun ini. Berikut ini adalah 6 alasan mengapa sebaiknya kamu menghindari membeli iPhone 5 sekarang.

 

Tidak Ada Lagi Produk Baru

Pasti semua juga sudah tahu bahwa iPhone 5 sudah tidak ada lagi produksi baru di pasaran. Kemungkinan besar jika kamu membeli iPhone 5 hanya ada iPhone bekas. Jika masih ada yang mengaku iPhone 5 baru, patut diwaspadai bisa jadi iPhone rekondisi. Baca: 4 Perbedaan iPhone Refurbished dan iPhone Rekondisi.

6 Alasan Jangan Beli iPhone 5 dan 5C di Tahun 2017

Namun jika kamu memang ingin membeli iPhone 5 di tahun 2017 ini, kamu mungkin masih bisa mendapatkan iPhone 5 dengan kualitas terbaik meskipun iPhone bekas alias second hand. BacaTips Membeli iPhone Bekas yang Murah dan Berkualitas.

 

Teknologi Keluaran Tahun 2012

Meskipun kamu bisa menemukan iPhone 5 atau iPhone 5C asli dalam keadaan baru, namun tetap saja iPhone 5 dan iPhone 5C tersebut menggunakan teknologi keluaran tahun 2012 yang bisa dibilang sudah ketinggalan.

Bahkan iPhone 5C yang dikeluarkan pada tahun 2013 juga masih tetap menggunakan teknologi iPhone 5 lawas. Jadi, secara teknologi, iPhone 5 dan iPhone 5C itu adalah sama dan tidak ada bedanya.

6 Alasan Jangan Beli iPhone 5 dan 5C di Tahun 2017

Jika kamu mendapati iPhone 5 yang memiliki spesifikasi di atas normal dan si penjual mengaku iPhone 5 baru, maka kamu harus waspada. Apalagi jika kamu beli iPhone online. BacaTips Membeli iPhone Online.

 

Baterai iPhone 5

Yup, sebagai iPhone bekas keluaran tahun 2012 tentu saja kamu jangan terlalu berharap mendapatkan produk dengan kualitas baterai yang masih bagus. Beruntung jika pemilik iPhone 5 sebelumnya adalah pengguna pertama dan juga sangat menjada konsisi iPhone 5.

Bagaimana jika pengguna iPhone 5 sebelumnya juga beli bekas dan menggunakan iPhone 5 dengan semena-mena misalnya sering main game hingga iPhone panas sambil dicharge? Tentu saja kesehatan baterai menjadi taruhannya.

 

Prosesor 32-Bit

Prosesor yang digunakan di iPhone 5 dan iPhone 5C masih menggunakan teknologi 32-bit. Jelas teknologi ini sudah tertinggal jika dibandingkan dengan iPhone 5S yang sudah menggunakan prosesor 64-bit.

Prosesor 64-bit menghasilkan tenaga dan kinerja yang dua kali lipat lebih cepat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melebihkan budget kamu membeli iPhone 5S yang sudah memiliki prosesor 64-bit.

 

IOS 11 Tidak Support iPhone 5?

Ini dia yang masih menjadi isu hangat di antara pengguna iPhone 5 saat ini. Meskipun Apple masih belum memberikan pernyataan resmi apakah iPhone 5 akan mendapatkan update iOS 11 atau tidak, namun sudah ada desas-desus bahwa iPhone 5 tidak akan dapat iOS 11.

Penyebabnya tidak lain karena prosesor iPhone 5 masih 32-bit. Aplikasi iOS di versi OS versi yang akan datang hanya bisa dijalankan di iOS dengan teknologi 64-bit saja. Apakah itu artinya iPhone 5 yang masih 32-bit bisa menggunakannya?

Entahlah, semoga saja Apple masih memberikan iOS 11 ke iPhone 5 dan tentu saja iPhone yang lebih baru. Kamu bisa baca artikel ini untuk perkiraan iOS 11 di iPhone 5. BacaApakah iPhone 5 Akan Dapat Upgrade iOS 11?

 

Gengsi

Oke untuk yang satu ini mungkin tidak bisa dijadikan rujukan yang bermanfaat dan solutif, namun harus diakui bahwa iPhone 5 saat ini sudah semakin ditinggalkan. Pengguna lebih suka menggunakan iPhone 5S atau iPhone 6 yang lebih baru.

Nah biar nggak terlalu ketinggalan amat, pertimbangkan untuk membeli iPhone yang lebih baru. Minimal iPhone 5S biar secara teknologi juga tidak terlalu ketinggalan meskipun desain dan dimensi iPhone 5S sama dengan iPhone 5.

Nah itu dia 6 alasan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk tidak membeli iPhone 5 dan iPhone 5C di tahun 2017 ini. Apakah kamu punya pertimbangan lain?

Share pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong